Mengenal Stasiun Mangagrai: Stasiun Paling Sibuk di Indonesia Sejak 1918-an!

  • 08 Juni 2022 09:48:23
  • Views: 12

Suara.com - Saat ini Stasiun Manggarai adalah stasiun paling sibuk di Indonesia. Stasiun ini melayani perhentian KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi.

Belakangan, ramai wacana Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun paling sibuk di Indonesia ini akan diubah menjadi stasiun sentral dengan 18 peron yang dilengkapi tangga, eskalator, dan lift. Konsep stasiun akan dibangun menjadi bangunan stasiun dengan tiga lantai.

Menyadur laman KAI, ini sejarah Manggarai si stasiun paling sibuk di Indonesia. Berikut rangkumannya yang diambil dari kanal Heritage KAI.

Sejarah Stasiun Manggarai, Stasiun Paling Sibuk di Indonesia

Baca Juga: Simak! Ada Kabar Gembira untuk Penumpang KRL Bekasi-Cikarang yang Transit di Stasiun Manggarai

Wilayah Manggarai, di Batavia (Jakarta) sudah dikenal sejak abad ke-17 yang awalnya merupakan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai, Flores. Wilayah yang masuk Gementee Meester Cornelis ini kemudian berkembang jadi sebuah kampung. 

Kereta api yang melintasi wilayah ini awalnya dibangun oleh perusahaan swasta Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang melintasi Jakarta-Buitenzorg (Bogor). Sebagai tempat pemberhentian ,dibangun Stasiun Bukitduri (kini depo KRL)

Tahun 1913 perusahaan kereta api Negara kala itu, Staatssporwegen atau yang disingkat SS menguasai jaringan kereta api di Jakarta setelah membeli jalur Jakarta-Bekasi milik Bataviaasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS) tahun 1899 dan Jakarta-Bogor milik NISM tahun 1913. 

Setelahnya, SS melakukan penataan ulang jalur kereta api di Jakarta, salah satunya pembongkaran Stasiun Boekitdoeri eks-NISM dan membangun Stasiun Manggarai.

Pembangunan Stasiun Manggarai dimulai tahun 1914 yang dipimpin oleh arsitek Belanda, Ir. J. Van Gendt. Selain stasiun dibangun pula balai yasa dan rumah-rumah dinas pegawai SS. 

Baca Juga: Gantikan Gambir, Apa Saja Fasilitas Stasiun Manggarai yang Bergaya Jepang?

Pada 1 Mei 1918 Stasiun Manggarai diresmikan meskipun masih jauh dari kata sempurna, karena tiang peron berbahan baja yang dirancang arsitek tak terwujud akibat dari Perang Dunia I sehingga pasokan baja dari Eropa tidak datang. Sebagai gantinya, kayu jati digunakan sebagai tiang peron.


https://www.suara.com/news/2022/06/08/091129/mengenal-stasiun-mangagrai-stasiun-paling-sibuk-di-indonesia-sejak-1918-an

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/08/091129/mengenal-stasiun-mangagrai-stasiun-paling-sibuk-di-indonesia-sejak-1918-an
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kai,
companies ADA,
organizations API,
topics BOS,
products KRL,
nations Belanda, Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Bekasi, Bogor, Cikarang, Gambir, Jati, Manggarai, Tanah Abang,