MK Indonesia Abstain Soal Wacana Pembekuan MK Rusia di WCCJ

  • 08 Juni 2022 09:24:08
  • Views: 7

Jakarta -

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Wakil Ketua MK Aswanto, dan hakim konstitusi Arief Hidayat menyatakan MK Indonesia abstain soal wacana pembekuan MK Rusia dalam keanggotaan MK sedunia. MK seluruh dunia diharapkan tetap fokus soal perdamaian dan keadilan.

Bahwa Indonesia menyatakan abstain dan meminta pernyataan tersebut untuk dicatat dalam berita acara rapat. Kemudian, Indonesia mendukung resolusi Italia dan berharap anggota biro juga mendukung hal tersebut, kata Arief Hidayat sebagaimana dilansir website MK, Rabu (8/6/2022).

Hal itu disampaikan Arief Hidayat saat menghadiri Extraordinary Meeting of the Bureau of the World Conference on Constitutional Justice(WCCJ) secara daring dari Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (7/6) kemarin. Rapat terbatas tersebut merupakan Pertemuan Biro ke-18. Adapun agenda pertemuan adalah membahas wacana pembekuan keanggotaan MK Rusia dan Belarusia di WCCJ.

Arief Hidayat mengatakan sebagai lembaga yudikatif yang berfungsi untuk mengawal demokrasi dan penegakan hak asasi manusia, MK di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam mewujudkan harmoni secara global. Hal ini dapat dilakukan dengan mengedepankan nilai-nilai universal dan persamaan kedudukan di hadapan hukum. Terlebih lagi, sesuai dengan amanat UUD 1945, Indonesia berkomitmen untuk dapat ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia.

Hal inilah yang menjadi dasar keikutsertaan dan partisipasi aktif MKRI dalam menjalin hubungan kedekatan dengan berbagai institusi yang berperan penting dalam pemajuan demokrasi, hak asasi manusia, dan penegakan hukum di seluruh dunia, kata Arief Hidayat yang juga Guru Besar Undip, Semarang itu.

Perlu hadirin ketahui bersama, baik Ukraina dan Rusia serta Belarusia adalah sahabat dekat Indonesia dan diharapkan hubungan baik ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang. Sehingga, menurut kami, perdamaian menjadi jalan yang terbaik. Hal ini tentu saja menuntut adanya keterlibatan dari semua pihak untuk mewujudkannya dengan mengusung semangat kebersamaan dan saling dukung, sambung Arief.

Sebagai tuan rumah Kongres ke-5WCCJ pada 4-7 Oktober2022 mendatang, MKRI berkomitmen untuk mengundang seluruh anggota WCJJ tanpa terkecuali. Sehingga diharapkan, seluruh anggota WCJJ dapat terlibat secara aktif dan berkontribusi dalam mempromosikan 'international justice and peace yang menjadi tema utama dalam penyelenggaraan Kongres Ke-5 WCCJ mendatang.

Bagi kami, WCCJ merupakan sebuah forum yang selalu mengedepankan dialog yang konstruktif. Oleh karenanya, pada pertemuan berikutnya di tanggal 4 Oktober 2022, Biro WCCJ dapat mengundang dan memfasilitasi dialog antar anggota yang memiliki perbedaan pandangan. Hasil dari dialog tersebut, diharapkan dapat menjadi bahan masukan/rekomendasi yang perlu disampaikan kepada pemerintah di masing-masing negara, tegas Arief.

Selain itu,Arief Hidayat juga mengatakan, konsep resolusi yang ditawarkan oleh MK Italia cukup merefleksikan sikap yang dapat diambil oleh WCJJ.

Sebaiknya WCJJ berfokus kepada persoalan kemanusiaan serta menjunjung keterbukaan dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan yang dimiliki oleh MK, tanpa terlibat lebih jauh dalam persoalan yang dilatarbelakangi oleh aspek politik, kata Arief Hidayat menegaskan.

Sebelumnya, Pertemuan Biro ke-17 telah dilaksanakan pada 18 Maret 2022. Dikarenakan tidak tercapainya konsensus mengenai isu pembekuan MK Rusia dan Ukraina, maka pada 7 Juni 2022 dilakukan pertemuan luar biasa dengan melakukan voting untuk menentukan keanggotaan MK Rusia dan Belarusia di WCCJ. Hal ini dilakukan seiring kondisi aktual menyangkut situasi politik Rusia dan Ukraina. Biro WCCJ meminta seluruh anggotanya menyampaikan usulan perihal isu tersebut.

Simak juga 'Ancaman Putin Jika Barat Kirim Bantuan Senjata Berat ke Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]

(asp/dnu)

https://news.detik.com/berita/d-6115893/mk-indonesia-abstain-soal-wacana-pembekuan-mk-rusia-di-wccj

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6115893/mk-indonesia-abstain-soal-wacana-pembekuan-mk-rusia-di-wccj
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anwar Usman, Arief Hidayat, Aswanto,
ministries MK,
products UUD 1945,
nations Indonesia, Italia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, Sumatera Utara,
cities Semarang,