Airlangga Tepis KIB Buat Usung Ganjar: Dia Bukan dari 3 Partai

  • 08 Juni 2022 08:53:52
  • Views: 13

Jakarta -

Kesepakatan telah dibikin oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menepis anggapan bahwa KIB ditujukan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024.

Hal ini disampaikan Airlangga kepada Alfito Deannova Gintings dalam program Blak-blakan detikcom, Selasa (7/6) kemarin.

Ganjar Pranowo merupakan kader PDIP. Gubernur Jawa Tengah itu kerap menjadi nama papan atas di survei-survei pencapresan. Namun kabarnya, Ganjar susah maju capres lewat partainya sendiri sehingga kemungkinan bisa maju lewat partai lain. KIB menegaskan Ganjar bukanlah kader partai anggotanya.

Ganjar kan bukan dari tiga partai ini, jadi itu sudah jelas. KTA (Kartu Tanda Anggota)-nya kan bukan dari Golkar, bukan dari PPP, bukan dari PAN. Jadi saya pikir itu sudah jelas lah, kata Airlangga.

LawatanAirlangga Hartarto (DW News)

Dulu, pernah ada tokoh partai tertentu namun akhirnya menjadi Wakil Presiden tanpa melalui usungan partainya sendiri. Tokoh itu adalah Jusuf Kalla (JK) tanpa diusung Partai Golkar namun bisa mendampingi Presiden SBY.

Ya itu kan tergantung dari presidennya. Waktu itu Pak Presidennya Pak SBY memilik Pak Jusuf Kalla, kata Airlangga.

GanjarGanjar Pranowo Foto: Istimewa

Golkar adalah inisiator KIB. Selain Golkar yang dipimpin Airlangga, ada PAN dan PPP. Tujuan koalisi ini antara lain untuk menembus ambang batas pencapresan (Presidential Treshold) 20%. Adapun Ganjar Pranowo bukan dari Golkar, PAN, dan PPP melainkan dari PDIP. Airlangga menekankan soal proses seorang kader di dalam partainya sebelum akhirnya bisa menjadi capres.

Ya pertama partai politik, Golkar, PPP dan PAN punya kader sendiri dan kemarin Pak Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan) kemarin juga menyampaikan bahwa di PAN ada Pak Zul, di PPP ada Pak Suharso. Dan, tentu ini disiapkan untuk mengembalikan bahwa politik itu harus berproses dari partai. Jadi saya pikir itu sudah jelas, karena masing-masing kan punya pasar dan lembaga sendiri-sendiri, tutur Airlangga.

(dnu/tor)

https://news.detik.com/berita/d-6115880/airlangga-tepis-kib-buat-usung-ganjar-dia-bukan-dari-3-partai

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6115880/airlangga-tepis-kib-buat-usung-ganjar-dia-bukan-dari-3-partai
Tokoh











Graph