Khilafatul Muslimin Punya Pendanaan Besar, Polisi Bidik Asal Usulnya

  • 08 Juni 2022 08:29:58
  • Views: 11

Jakarta, IDN Times - Pendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja langsung ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka terkait penyebaran berita bohong dan pelanggaran Undang-Undang Ormas.

Polisi menyebut kelompok Khilafatul Muslimin tak terdaftar sebagai organisasi masyarakat (ormas) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pertama Ormas ini kan ada dua kategori. Pertama ada yang sifatnya perkumpulan. Tapi khusus Khilafatul Muslimin ini tidak terdaftar, kata Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, Selasa (7/6/2022) kemarin.

Hengki menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran legalitas yang dilakukan, kelompok Khilafatul Muslimin terdaftar sebagai sebuah yayasan. Penyidikan lebih lanjut masih terus dilakukan hingga kini oleh Kepolisian. Terlebih kelompok ini belakangan juga disebut-sebut berbahaya karena terus berupaya mengubah ideologi Pancasila.

1. Khilafatul Muslimin memiliki dana operasional yang cukup besar

KhilafatulDirkrimum Polda Metro Jaya memberi keterangan pers. (Foto: IDN Times/Ist)

Dalam proses penyelidikan, penyidik menemukan fakta bahwa dana operasional untuk kelompok Khilafatul Muslimin ini sangat besar.

Uang operasionalnya cukup besar. Ini pertanyaan yang besar yang harus kita jawab, jadi proses penyelidikannya lanjut, kata Hengki lagi.

Baca Juga: Polisi Buka Rekam Jejak Pendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja

2. Tak berhenti hanya penangkapan Abdul Qadir Baraja saja

KhilafatulPendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja. Foto: Youtube Khilafatul Muslimin.

Maka itu, proses penyelidikan terkait Khilafatul Muslimin ini disebut tak hanya bakal berhenti usai penangkapan Abdul Qadir Baraja, serta sejumlah petinggi di Brebes. Sebab Polisi akan terus mengusut ormas tersebut, termasuk dalam menyelidiki sumber dana untuk operasionalnya.

Ke depan kita masih akan kembangkan, ini organisasi yang cukup besar. Belum lagi kita akan selidiki sumber dana dan sebagainya, paparnya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: Pimpinan Khilafatul Muslimin Ditangkap, Siapa Itu Abdul Qadir Baraja?

3. Pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin ditangkap di Lampung

KhilafatulKantor Pusat Khilafatul Muslimin, terlihat aparat penegak hukum TNI-Polri masih berjaga ketat, Selasa (7/6/2022). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna.

Sebelumnya, pemimpin Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja ditangkap di Lampung. Penangkapan Abdul Qadir tidak hanya berkaitan tentang aksi konvoi yang sebelumnya terjadi di Cawang, Jakarta Timur.

Diketahui, kelompok Khilafatul Muslimin ini juga turut menyebarkan ajaran dan khilafah sebagai pengganti Pancasila di Indonesia.

Kemudian kelompok ini menawarkan khilafah sebagai pengganti ideologi negara yang tentunya bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Semuanya terdapat dalam website dan buletin bulanan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

4. BNPT anggap pimpinan Khilafatul Muslimin berbahaya

KhilafatulPengungkapan kasus penangkapan Pimpinan Pusat Khilafatul Muslimin, AQB di Mapolresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) coba mengulas rekam jejak Abdul Qadir Baraja di Khilafatul Muslimin.

BNPT menyebut Baraja merupakan mantan anggota NII sekaligus salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bersama Abu Bakar Baasir (ABB) dan lainnya yang juga ikut ambil bagian dalam Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) tahun 2000.

Baraja telah mengalami dua kali penahanan, pertama pada Januari 1979 berhubungan dengan Teror Warman, ditahan selama tiga tahun. Kemudian ditangkap dan ditahan kembali selama 13 tahun, berhubungan dengan kasus bom di Jawa Timur dan Borobudur pada awal tahun 1985, kata Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen R Ahmad Nurwakhid, kepada wartawan, Selasa (31/5/2022) lalu.

Adapun dampak ideologis, gerakan ini memiliki visi dan ideologi perubahan sistem sangat rentan bermetamorfosa dalam gerakan teror.

Lihatlah kasus penangkapan NAS tersangka teroris di Bekasi yang ditemukan di kontrakannya kardus berisi Khilafatul Muslimin dan logo bordir Khilafatul Muslimin, katanya.


https://www.idntimes.com/news/indonesia/irfanfathurohman/khilafatul-muslimin-punya-pendanaan-besar-polisi-bidik-asal-usulnya

Sumber: https://www.idntimes.com/news/indonesia/irfanfathurohman/khilafatul-muslimin-punya-pendanaan-besar-polisi-bidik-asal-usulnya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Endra Zulpan,
companies ADA, Dana, YouTube,
ministries BNPT, Polda Metro Jaya, Polisi, TNI,
religions Islam,
fasums Borobudur,
products Ideologi Pancasila, Pancasila, UUD 1945,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR, LAMPUNG,
cities Bandar Lampung, Bekasi, Brebes, Cawang,
cases teror, Teroris,