Damri Akan Dimerger dengan Perum PPD: Bisnis yang Digeluti Sama

  • 08 Juni 2022 07:06:20
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk menggabungkan dua perusahaan yang bergerak di sektor transportasi darat, yakni Perum Damri dan Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

“(Nanti) akan ada proses merger Damri dengan PPD, ungkap Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat kerja Kementerian BUMN bersama Komisi VI-DPR RI di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Alasan penggabungan tersebut karena keduanya memiliki jenis bisnis yang sama. Dengan penggabungan ini diharapkan nantinya dapat semakin memperkuat bisnis BUMN di sektor transportasi.

“Karena ini fungsinya sama dan dua-duanya ini (kemarin) terdampak pandemi Covid-19. Dan diharapkan penggabungan ini lebih kuat. Dan memperluas jaringan-jaringan perintis yang lebih lebar, pungkas Kartika.

Baca juga: Damri Buka Trayek Baru dari Bandara Yogyakarta International Airport ke Candi Borobudur

Sebagai informasi, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) merupakan perusahaan milik pemerintah di bidang transportasi umum darat yang menjadi embrio dan pioneer perkembangan angkutan bus di Jakarta.

Baca juga: Damri Kembali Operasikan Angkutan KSPN di Ponorogo, Jawa Timur

Perum PPD memiliki beberapa SBU (Sub Bisnis Unit) terdiri dari SBU Transbusway, SBU Pemeliharaan dan Perbaikan bus, SBU Transjabodetabek, SBU Aset dan Logistik, SBU Trans PPD MAC.

Perum PPD terus mengembangkan sayap bisnis layanannya, hingga saat ini Perum PPD melayani masyarakat dengan pelayanan Jabodetabek Residence Connexion, Jabodetabek Airport Connexion, Busway, Amari, Pariwisata, dan Karyawan.

Baca juga: Damri Buka Rute Baru Layanan Bus AKDP di Kota Mataram

Sementara Itu Perusahaan Umum Damri (awalnya Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia) atau dikenal dengan DAMRI adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transportasi darat.

Damri saat ini melayani angkutan kota, angkutan antar kota, angkutan lintas batas negara, angkutan bandara, angkutan pariwisata, angkutan logistik, dan angkutan perintis di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/08/damri-akan-dimerger-dengan-perum-ppd-bisnis-yang-digeluti-sama

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/08/damri-akan-dimerger-dengan-perum-ppd-bisnis-yang-digeluti-sama
Tokoh



Graph

Extracted

persons Erick Thohir,
companies ADA,
ministries DPR RI, Kementerian BUMN,
bumns Perum Damri,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Jabodetabek, Mataram, Ponorogo, Yogyakarta,
cases covid-19,