Prakiraan Cuaca BMKG: Dampak Hujan Lebat, 23 Provinsi Waspada Bencana

  • 08 Juni 2022 06:03:51
  • Views: 18

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan pada Rabu, 8 Juni 2022. Ibu kota provinsi yang diperkirakan turun hujan disertai petir pada hari Rabu adalah Bandar Lampung dan Mamuju.

Hujan lebat kemungkinan terjadi di Banjarmasin. Hujan dengan skala sedang di Bengkulu, Yogya, Jakarta, Bandung dan Pontianak. Hujan skala ringan mungkin terjadi di Serang, Gorontalo, Jambi, Semarang, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Manokwari, Kendari, Palembang dan Medan.

BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di perairan utara Kepulauan Bangka Belitung yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kalimantan Barat hingga Bangka Belitung. 

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatra Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatra Barat, dari Papua hingga Papua Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Suhu udara berkisar antara 20-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Denpasar.

Beberapa provinsi di Indonesia esok hari berada dalam kategori Waspada terhadap bencana hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, dan lainnya) sebagai dampak dari potensi hujan lebat.

Potensi wilayah terdampak di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, NTT, Kalimantan Barat, Kalimatan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua.

Baca:
Cuaca Hari Ini, BMKG: Sebagian Indonesia Hujan, Terpanas di Jakarta 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1599529/prakiraan-cuaca-bmkg-dampak-hujan-lebat-23-provinsi-waspada-bencana

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1599529/prakiraan-cuaca-bmkg-dampak-hujan-lebat-23-provinsi-waspada-bencana
Tokoh

Graph