Polisi Sebut Khilafatul Muslimin Organisasi Besar, Miliki 23 Kantor Wilayah

  • 08 Juni 2022 04:03:32
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta - Polda Metro Jaya mengatakan Khilafatul Muslimin merupakan sebuah organisasi terbilang cukup besar. Khilafatul Muslimin memiliki kantor di 23 wilayah. Ini organisasi cukup besar, ada 23 kantor wilayah, ada 3 daulah. Ada di Sumatera, kemudian Jawa, termasuk wilayah timur, kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam konferensi pers, Selasa, 7 Juni 2022.

Tapi, pendirian ormas yang berbadan usaha ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Artinya tidak bisa dianggap sederhana, katanya.

Hengki mengungkapkan penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja selaku pimpinan tertinggi dan pendiri Khilafatul Muslimin merupakan awal bagi polisi melakukan penyelidikan lebih mendalam. Menurutnya, berdasarkan dari penyelidikan, pernyataan pimpinan Khilafatul Muslimin yang menyatakan mendukung Pancasila dan NKRI, tidak sesuai fakta.

Hengki juga menyebut, Khilafatul Muslimin sebagai organisasi masyarakat atau ormas tidak terdaftar resmi di Kementerian Hukum dan HAM. Namun, mereka terdaftar sebagai yayasan. Ormas secara keseluruhan Khilafatul Muslimin ini tidak terdaftar. Tapi ada Yayasan Khilafatul Muslimin, dan ini kami masih dalam rangka sidik berkesinambungan, jelasnya.

Polisi tangkap pemimpin Khilafatul Muslimin 

Polda Metro Jaya menangkap pemimpin tertinggi kelompok Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja, di Lampung, Selasa, 7 Juni 2022. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, Abdul Qadir ditangkap oleh penyidik Ditrektorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya. Di mata pengikutnya, perjalanan hidup Abdul Qadir Baraja dinilai memiliki kemiripan dengan Khalifah Umar Bin Khattab.

Penangkapan tersebut dilakukan setelah kepolisian menyelidiki aksi konvoi sekelompok pengendara motor yang menamakan diri sebagai Khilafathul Muslimin di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Mereka mempromosikan khilafah ke warga masyarakat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Polda Metro Jaya melakukan penangkapan hingga Lampung berkaitan dengan sejumlah kejadian yang melibatkan kelompok tersebut di DKI Jakarta. Kelompok ini, kata dia, memang memiliki basis di Lampung.

Abdul Qadir Baraja, kata dia, sedang berada di sana saat ditangkap dan saat ini sedang dalam proses untuk dibawa ke Polda Metro Jaya. Mereka (Khilafatul Muslimin) memiliki koneksi jaringan memang pusatnya di Lampung. Pelaku di Lampung sudah beberapa kali lakukan pelanggaran pidana terorisme, terakhir pelanggaran protokol kesehatan ketika PPKM diberlakukan, ujar Dedi.

Baca juga: Khilafatul Muslimin Sebut Pancasila dan UUD 1945 Tak Bertahan Lama

ANNISA APRILIYANI


https://metro.tempo.co/read/1599486/polisi-sebut-khilafatul-muslimin-organisasi-besar-miliki-23-kantor-wilayah

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1599486/polisi-sebut-khilafatul-muslimin-organisasi-besar-miliki-23-kantor-wilayah
Tokoh







Graph

Extracted

persons Dedi Prasetyo, Endra Zulpan, Kombes Hengki Haryadi,
companies ADA,
ministries BIN, Kemenkum HAM, Polda Metro Jaya, Polisi,
religions Islam,
topics NKRI, PPKM, Protokol Kesehatan,
products Pancasila, UUD 1945,
places DKI Jakarta, LAMPUNG,
cities Cawang,
cases HAM,