16.500 Seniman Dilibatkan, Pesta Kesenian Bali 2022 Akan Dibuka Presiden Jokowi

  • 07 Juni 2022 23:34:29
  • Views: 8

16.500 Pawai Pesta Kesenian Bali. ©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022 akan kembali digelar. Perhelatan yang ini rencananya dibuka Presiden Joko Widodo pada Minggu (12/6).

Sampai kemarin tetap agendanya Bapak Presiden akan hadir dan sudah diagendakan, kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha saat dihubungi, Selasa (7/6).

taboola

PKB tahun ini mengusung tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang berarti memuliakan air sumber kehidupan. Sebanyak 206 grup kesenian dan 16.500 seniman di Pulau Dewata ikut berpartisipasi pada kegiatan ini.

Untuk tema berbeda setiap tahun dan tahun ini semua karya mengacu kepada tema Danu Kerthi, yaitu air sebagai sumber kehidupan, jadi semua karya bertutur tentang air, ujarnya.

Bagaimana memuliakan air, bagaimana melestarikan sumber-sumber air. Apa sih fungsi air dalam kehidupan manusia. Jadi, semua mengeksplorasi dari tema itu sehingga tampilannya berbeda dari PKB tahun sebelumnya, lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Sempat Tidak Diadakan

Ia juga menyebutkan, perhelatan PKB sempat tidak dilakukan pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Namun, di tahun 2021 kembali dilakukan lewat live streaming dan tahun ini kembali dilakukan seperti pada umumnya.

Cuma satu tahun 2020 (tidak digelar) karena Covid-19. Dan 2021 ada tapi cuma live streaming, tanpa penonton dan penontonnya di luar pakai media sosial, sebutnya.

Pada perhelatan PKB tahun ini ada 8 materi pokok yang ditampilkan dan dirangkai dengan berbagai agenda dan berbeda setiap hari selama sebulan. Agendanya yakni ialah wimbakara atau lomba, kriyaloka atau lokakarya, widyatula yaitu serasehan, utsawa atau parade, hingga adhi sewaka nugraha yaitu penghargaan pengabdi seni.

Pembukaan PKB dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala (Renon) Denpasar, Bali. Penutupan akan dilaksanakan di Panggung Terbuka Ardha Candra Art Center, Denpasar pada Minggu 10 Juli 2022.

Tapi tetap memenuhi protokol kesehatan, dan seniman-seniman harus divaksin booster dan penonton kita wajibkan masker. Ada aplikasi PeduliLindungi yang harus didownload dan di-scan ketika masuk ke area pertunjukan, ujarnya.

3 dari 3 halaman

Patuh Protokol Kesehatan

Sementara, untuk di venue utamanya ada di Art Center, Denpasar, dan selama perhelatan kesenian para penonton yang akan melihat di dalam gedung hanya 75 persen dan wajib protokol kesehatan.

Kita imbau penonton agar tidak berkerumun kalau di luar orang kan boleh tidak pakai masker. Tapi, kalau di gedung-gedung kita akan batasi, paling-paling gedung kita isi 75 persen atau sesuai kondisi di lapangan, ujarnya.

PKB ini event tahunan yang sudah berlangsung ke 44 menjadi salah satu ikon Bali. Karena Bali menyandang pulau kesenian, mari kita sama-sama rawat PKB ini dengan tetap mengikuti aturan yang ada, karena kita masih dalam suasana Covid-19, kita harapkan juga penonton bisa memahami, kalau nanti ada pembatasan-pembatasan, itu semua untuk kebaikan kita bersama, ujarnya. [yan]

Baca juga:
Melalui G20, Pemprov Bali Sebut Jokowi Bawa Dampak Ekonomi Bagi Masyarakat
Wisman Asal 5 Negara Ini Paling Banyak Kunjungi Bali di April 2022
Melihat Lebih Dekat Pesona Budaya dan Kain Tenun Khas Tenganan Pegringsingan di Bali
Keren, Bus MTrans Ini Bisa Angkut Motor dalam Bagasi, Segini Ongkosnya


https://www.merdeka.com/peristiwa/16500-seniman-dilibatkan-pesta-kesenian-bali-2022-akan-dibuka-presiden-jokowi.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/16500-seniman-dilibatkan-pesta-kesenian-bali-2022-akan-dibuka-presiden-jokowi.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
parties PKB,
topics Protokol Kesehatan,
products masker,
cities Denpasar,
cases covid-19,
musicclubs APRIL, iKON,