Ini 5 Sektor Yang Jadi Fokus Penetrasi 5G

  • 07 Juni 2022 23:00:05
  • Views: 4

Cyberthreat.id – Dorong pembangunan ekosistem 5G, Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen PPI Kominfo) Aju Widyasari menyebutkan ada lima sektor unggulan yang menjadi fokus penetrasi 5G di Indonesia.

“Kelima sektor tersebut adalah sektor residensial (perumahan dengan akses nirkabel tetap), kawasan industri dan pabrikasi dengan automasi, pertambangan dengan risiko tinggi, kesehatan, dan pariwisata, kata Aju dalam 5G Private Network sebagai Game Changer bagi Kota Industri, Selasa (7 Juni 2022).

Menurut Aju, industri yang paling membutuhkan 5G ini, pertama, memang residensial. Salah satu use case dari 5G ini adalah enhanced mobile broadband, semua akses internet yang lebih cepat, dengan kapasitas speed yang tinggi

Sementara itu, untuk kawasan industri dan pabrikasi dengan automasi. Kawasan industri ini, dengan semua tenant pabrikasi manufaktur yang ada, pasti membutuhkan satu proses industri dengan teknologi yang bisa mendukung kecepatan.

Kemudian di sektor pertambangan, Aju mengatakan dibutuhkan sensor-sensor yang bisa mendukung proses mining. Sedangkan di sektor kesehatan, teknologi 5G dibutuhkan untuk mendukung pengobatan jarak jauh hingga monitoring jarak jauh. Terakhir, di sektor pariwisata, membutuhkan 5G untuk virtualisasi objek wisata untuk memberikan daya tarik kepada calon wisatawan baik di dalam maupun di luar negeri.

“Jadi ini yang kebetulan menjadi sektor-sektor yang diunggulkan untuk mempercepat penetrasi 5G karena memang mereka yang paling membutuhkan jaringan ini, tegas Aju.

Aju mengatakan, target utama dari teknologi 5G, adalah slicing network yang mendukung layanan machine to machine dan low latency.  Di mana jaringan 5G ini bisa dimanfaatkan untuk aplikasi atau layanan lainnya dalam mendukung kegiatan industri.

Selain itu, 5G juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong efisiensi dan produktivitas demi terwujudnya Industri 4.0. Tentunya dengan memanfaatkan big data analytics, faktor keamanan, hingga efisiensi energi agar negeri ini sanggup menuju green dan eco-friendly.

Seperti yang diketahui, 5G menjadi gerbang utama agar industri Indonesia dapat didukung penuh oleh teknologi serba otomasi, Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) yang lebih memadai, hingga konektivitas machine to machine.


https://cyberthreat.id/read/14082/Ini-5-Sektor-Yang-Jadi-Fokus-Penetrasi-5G

Sumber: https://cyberthreat.id/read/14082/Ini-5-Sektor-Yang-Jadi-Fokus-Penetrasi-5G
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
products Artificial Intelligence,
nations Indonesia,