Tito Ungkap Arahan Jokowi Agar Pj Kepala Daerah Sukseskan Pemilu 2024

  • 07 Juni 2022 19:54:47
  • Views: 17

Jakarta -

Mendagri Tito Karnavian mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada penjabat (Pj) kepala daerah. Arahan Jokowi terkait Pj kepala daerah adalah untuk mendukung gelaran Pemilu 2024.

Paling penting yang saya ingin sampaikan, jam 10.00 di Istana, Bapak Presiden memberikan arahan kepada seluruh penjabat yang dilantik 48 orang, gubernur, bupati, wali kota. Dari beberapa poin yang disampaikan beliau, saya ingat betul 5 poin, poin terakhir adalah pemilu dan pilkada 2024, kata Tito di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Beliau memerintahkan seluruh penjabat kepala daerah yang ditugaskan di situ untuk mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024. Beliau tidak ingin mendengar nanti, kalau pilkada kan dibayar oleh APBD, jangan sampai nanti tidak tersedia, maka harus diprogramkan betul dalam APBD, imbuhnya.

Selain itu juga diperlukan dukungan terkait logistik Pemilu 2024. Aparatur negara, kata Tito, harus mendukung distribusi logistik Pemilu 2024.

Kemudian dukungan-dukungan tadi seperti sarana prasarana, bahkan hal untuk masalah distribusi logistik saya mendampingi Bapak Presiden pada saat KPU audiensi, beliau menyampaikan TNI/Polri, BNPB, pemerintah daerah mendukung distribusi logistik, ujarnya.

Ketika masa kampanye pendek, menurut Tito, problemnya ada dua, yaitu pengadaan logistik dan distribusi yang harus tepat sampai sebelum hari pelaksanaan 14 Februari 2024.

Tito pun mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi meminta KPU menyiapkan daftar kebutuhan Pemilu 2024. Jokowi, kata Tito, menyiapkan aturan hingga pengadaan.

Jadi regulasinya beliau siapkan kalau memang diminta bahkan beliau minta kepada KPU silakan buat drafnya nanti kita kaji drafnya, termasuk beliau siap menfasilitasi, menandatangani Perpres, untuk masa lelang, bahkan dianjurkan oleh beliau menggunakan e-katalog supaya mempermudah pengadaan kalau e-katalog tanpa perlu lelang, ucap Tito.

Tito menceritakan bahwa Jokowi meminta sebanyak mungkin dari anggaran logistik menggunakan produk dalam negeri. Semisal, seperti kertas dan pena, produksi dalam negeri menurut Tito banyak, sehingga tidak mengimpor.

Selain regulasi beliau meminta kepala-kepalada daerah membantu sarana prasarana yang bisa mendukung kelancaran logistik pengadaan maupun distribusi termasuk mengembangkan UMKM, memproduksi barang-barang logistik pilkada. Saya kira komitmen bapak presiden sangat mendukung Pemilu 2024, imbuhnya.

(rfs/tor)

https://news.detik.com/berita/d-6115439/tito-ungkap-arahan-jokowi-agar-pj-kepala-daerah-sukseskan-pemilu-2024

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6115439/tito-ungkap-arahan-jokowi-agar-pj-kepala-daerah-sukseskan-pemilu-2024
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Tito Karnavian,
companies ADA,
ministries BNPB, Kemendagri, KPU, TNI,
topics Pemilu 2024,
events Pilkada Serentak,
products UMKM,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,