Ragam Komentar DPR soal Harga Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu

  • 07 Juni 2022 18:58:41
  • Views: 7

Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Elnino M. Husein Mohi menyebut, tiket Candi Borobudur Mestinya Digratiskan.

Mestinya, menurut saya, tempat pariwisata yang dikelola Pemerintah justru harus digratiskan biaya masuknya. Jika semakin banyak orang yang datang ke tempat itu, berarti semakin besar peluang pasar/bisnis yang terbuka. Pemerintah bisa dapat uang dari retribusi dan pajak dari bisnis-bisnis yang berkembang, ujar Nino kepada Liputan6.com, Senin (7/6/2022).

Menurutnya, jika harga tiket yang mahal ditetapkan untuk melindungi warisan dunia tersebut dari kerusakan, maka pengaturan sistem di Candi Borobudur yang searusnya diperbaiki oleh Pemerintah sehingga pengunjung menjadi lebih rapi dan tertib.

Di Borobudur itu, lebih banyak WNI yang berwisata ketimbang WNA. WNI itu ekonominya sedang recovery pasca pandemi, mereka tidak punya uang yang cukup untuk sekadar bergembira bersama keluarga di tempat yg istimewa. Tidak bisakah pemerintah berempati dengan rakyatnya sendiri dengan menggratiskan biaya masuk ke tempat Wisata?, tandasnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf membeberkan perbandingan harga baru tiket akses naik Candi Borobudur yang akan dipatok Rp.750 ribu, dengan berbagai situs warisan dunia di luar Indonesia, seperti Angkor Wat di Kamboja, Piramid di Mesir, hingga Taj Mahal di India.

Kalau kita lihat rata-rata harga tiketnya itu hanya berkisar antara USD 20 sampai USD 50. Sementara kalau kita lihat, kenaikan Rp 750 ribu itu artinya sekitar USD 50 sementara untuk wisatawan asing USD 100. Nilai tersebut menjadikan (Candi Borobudur) masuk kategori tiket termahal, beber Dede.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4980844/ragam-komentar-dpr-soal-harga-tiket-naik-candi-borobudur-rp-750-ribu

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4980844/ragam-komentar-dpr-soal-harga-tiket-naik-candi-borobudur-rp-750-ribu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dede Yusuf Macan Effendi,
ministries DPR RI,
parties Gerindra,
fasums Borobudur,
nations India, Indonesia, Kamboja, Mesir,