Jaga Momentum Pertumbuhan, Bank Mandiri Pertegas Dukungan ke Sektor UMKM

  • 07 Juni 2022 18:31:45
  • Views: 5

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Mandiri secara konsisten terus mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya lewat dukungan ke sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam menjaga momentum pertumbuhan di sektor UMKM.

Sebab, kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah mencapai 61% dan mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja. Hal ini menandakan bahwa UMKM di Tanah Air memiliki potensi yang besar dan mampu pulih dengan baik.

Komitmen Bank Mandiri terhadap pengembangan UMKM diwujudkan lewat penyaluran kredit UMKM yang terus meningkat. Tercatat, sampai saat ini total kredit UMKM Bank Mandiri telah mencapai Rp 109,04 triliun.

SEVP Micro and Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan, realisasi tersebut meningkat sebesar 16,2% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan kualitas kredit yang terjaga.

Tidak hanya itu, Josephus juga menjelaskan jumlah debitur UMKM Bank Mandiri terus meningkat, bahkan tumbuh 10% secara year on year (YoY) di empat bulan pertama 2022.

“Realisasi ini menunjukkan bahwa ekosistem UMKM di dalam negeri telah pulih, dan terus tumbuh positif, ujarnya.

Bila dilihat berdasarkan sektor usahanya, sektor pertanian, perburuan dan sarana pertanian terus mencatat perbaikan. Termasuk sektor lain seperti perdagangan, restoran dan hotel, perindustrian serta jasa.


https://fajar.co.id/2022/06/07/jaga-momentum-pertumbuhan-bank-mandiri-pertegas-dukungan-ke-sektor-umkm/

Sumber: https://fajar.co.id/2022/06/07/jaga-momentum-pertumbuhan-bank-mandiri-pertegas-dukungan-ke-sektor-umkm/
Tokoh

Graph

Extracted

bumns Bank Mandiri,
products UMKM,
places SULAWESI SELATAN,