Guntur Sindir Negara Khilafah di Ultah Soekarno

  • 07 Juni 2022 18:09:43
  • Views: 5

Jakarta: Peringatan hari ulang tahun Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, digelar di rumah putra pertama Bung Karno, Guntur Soekarnoputra, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Pada tahun ini, Sang Proklamator itu genap berusia 121 tahun. 
 
Pada kesempatan ini Guntur mengatakan Bung Karno adalah proklamator kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945. Soekarno pula yang mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. 
 
Guntur kemudian berpesan agar nilai-nilai Pancasila tetap dilestarikan, meski di tengah rongrongan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Seperti, pendirian negara khilafah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang harus dikenang dari Bung Karno adalah pikiran, ajaran, dan ideologinya. Karena itu yang kemudian mengerucut kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang menjadi dasar negara Republik Indonesia, ujar Guntur dalam program Newsline, Metro TV, Selasa, 7 Juni 2022.
 
Baca: Pengamat Terorirsme: Khilafatul Muslimin Mirip Sunda Empire
 
Hari lahir Bung Karno diperingati setiap bulan Juni. Di tahun ini, hari ulang tahunnya digelar secara simbolis dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun. Acara yang dilaksanakan di kediaman Guntur Soekarnoputra ini dihadiri pula oleh sejumlah kerabat serta kolega.
 
Pendirian negara khilafah sepertinya mengemuka kembali. Ini tampak dari viralnya video yang memuat aksi konvoi puluhan motor di media sosial. Konvoi motor itu membawa atribut berupa poster hingga bendera bertuliskan 'Khilafatul Muslimin'.
 
Konvoi 'Khilafatul Muslimin' ini disebut-sebut terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pukul 09.14 WIB pada Minggu, 29 Mei 2022. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.
 
Para pemotor itu nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah pun turut dibawa peserta konvoi.
 
Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah, tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor. Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah, bunyi poster lainnya. (Fatha Annisa)
 

(UWA)


https://www.medcom.id/nasional/politik/ybDXdVqb-guntur-sindir-negara-khilafah-di-ultah-soekarno

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/ybDXdVqb-guntur-sindir-negara-khilafah-di-ultah-soekarno
Tokoh



Graph

Extracted

persons Soekarno,
organizations Sunda Empire,
religions Islam,
products nasi, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Cawang, Guntur,