Mozilla Luncurkan Plugin Terjemahan Offline di Browser Firefox

  • 07 Juni 2022 17:10:23
  • Views: 22

Liputan6.com, Jakarta - Mozilla memperkenalkan plugin atau ekstensi baru untuk peramban (browser) mereka Firefox, yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks secara offline (luring) atau tanpa internet.

Firefox Translations perlu mengunduh beberapa file saat pertama kali pengguna mengonversi teks dalam bahasa tertentu. Namun, ini akan menggunakan sumber daya dalam sistem pengguna, ketimbang mengirim informasi ke pusat data untuk diproses secara cloud.

Dilansir Engadget, dikutip Selasa (7/6/2022), plugin ini merupakan hasil kerja sama antara Mozilla dengan Project Bergamot yang didanai oleh Uni Eropa.

Beberapa pihak lain yang terlibat termasuk University of Edinburgh, Charles University, University of Sheffield, dan University of Tartu. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan neural machine tools untuk membantu Mozilla membuat opsi terjemahan secara luring.

Mesin, model bahasa, dan algoritma terjemahan dalam halaman harus berada dan sepenuhnya di komputer pengguna, jadi tidak ada data yang dikirim ke cloud, menjadikannya sepenuhnya privat, tulis Mozilla.

Meskipun begitu, dilaporkan Tech Crunch, sejauh ini, Firefox Translations baru bisa menangani terjemahan antara bahasa Inggris dan 12 bahasa lainnya.

Beberapa bahasa yang didukung oleh plugin tersebut sejauh ini adalah Spanyol, Bulgaria, Ceko, Estonia, Jerman, Islandia, Italia, Bokmal Norwegia dan Nynorsk, Persia, Portugis, dan Rusia.

Mozilla dan mitra-mitra mereka juga telah membuat jalur pelatihan dalam proyek ini, di mana para sukarelawan bisa membantu melatih model-model baru, sehingga lebih banyak bahasa akan ditambahkan.

Mozilla juga mengatakan masih meminta feedback tentang model Firefox Translations yang ada saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Banyak kata di suku ini yang malah sulit diterjemahkan jika diartikan ke bahasa Indonesia.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4980235/mozilla-luncurkan-plugin-terjemahan-offline-di-browser-firefox

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4980235/mozilla-luncurkan-plugin-terjemahan-offline-di-browser-firefox
Tokoh

Graph