Lira Turki Terus Anjlok, Harga Makanan Kini Sama dengan Indonesia

  • 07 Juni 2022 17:07:02
  • Views: 6

IDXChannel - Mata uang resmi Turki, Lira, terus mengalami penurunan parah, bahkan nilai tukarnya terus menempati posisi terendah. Dalam nilai tukar terbaru, nilai tukarnya dengan Dolar AS sebesar 0,060 per Lira.

Bagaimana jika ditukar terhadap rupiah? Pada hari ini saja, nilai 1 Lira Turki setara dengan Rp862,38 saja.

Terpuruknya nilai mata uang tersebut membuat lira berada di jalur penurunan terbesar di dunia terhadap dolar, yaitu sebanyak 1,5 persen ke level atau terendah dalam 5 bulan terakhir.

“Inflasi yang terus-menerus tinggi, tanda-tanda perlambatan pertumbuhan di Turki dan mitra dagang utamanya, dan kebijakan moneter yang salah arah, beber Kepala strategi pasar negara berkembang, Per Hammarlund, di SEB AB di Stockholm. dikutip dari aljazeera.com, Selasa (07/06/2022).

Tak hanya itu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga menentang tawaran Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina. Komdisi ini membuat kejatuhan Lira kian tak tertahankan.

“Posisi pembiayaan eksternal yang memburuk, inflasi yang meningkat, penurunan ekspektasi inflasi lebih lanjut, perbedaan politik dengan Barat di NATO, dan ketidakmampuan bank sentral Turki untuk mengubah kebijakan untuk mempengaruhi perkembangan makro membuat lira Turki harus terdepresiasi terhadap tekanan ekonomi yang meningkat, ujar kepala analisis di Monex Europe Ltd, Simon Harvey.

Harga makanan semurah di Indonesia

Jatuhnya mata uang Lira ternyata cukup berpengaruh terhadap harga sejumlah makanan buatan negara tersebut bagi warga negara Indonesia (WNI) di sana. Bahkan, banyak yang menyebut harganya bahkan jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Salah satu akun TikTok bernamma @cler*** berbagi video tentang harga makanan yang ada di Turki.

Dalam postingannya, harga 1 roti, harganya adalah yang dibanderol 3 Lira jika dirupiahkan menjadi Rp2.700. Kemudian untuk 1 potong pizza hanya 12,5 Lira atau sekitar Rp11 ribu.

Adapula jus jeruk tanpa campuran air sama sekali yang dijual seharga 10 Lira atau sekitar Rp9.000. Kemudian jus lemon Rp9.000 dan jus lainnya Rp11.250.

Untuk makanan khas yang tak boleh dilewatkan saat ke Turki, yaitu kebab, hanya Rp15 ribu untuk varian premium. Brownies khas Turki hanya Rp9.000 dengan tampilan yang menggugah. Sedangkan untuk menyantap macarons di kafe cantik dan elit hanya 30 Lira atau sekitar Rp27 ribu.

Bukan hanya camilan, untuk paket makanan pizza hanya 25 Lira atau sekitar Rp22.500 sudah termasuk minuman. Sedangkan paket pizza 4 sampai 5 orang hanya 80 Lira atau sekitar Rp72 ribu.

Gerai KFC di Turki pun tak tampak jauh berbeda dengan di Indonesia. Pelanggan datang ke kasir lalu melakukan pemesanan dan menunggu beberapa saat hingga pesanan siap.

Wanita ini lantas mulai menyebutkan harga-harga makanan di KFC. Untuk paket berisi burger, kentang dan minuman bersoda dibanderol dengaan harga 29.99 Lira Turki atau sekitar Rp29 ribu. (TYO/TIRTA)


https://www.idxchannel.com/economics/lira-turki-terus-anjlok-harga-makanan-kini-sama-dengan-indonesia

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/lira-turki-terus-anjlok-harga-makanan-kini-sama-dengan-indonesia
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, KFC, MNC, TikTok,
products dolar AS,
nations Finlandia, Indonesia, Rusia, Swedia, Turki, Ukraina,
places rupiah,
cities Stockholm,
plants kentang,