Ganjar Pranowo 'Dibakar' Perempuan-perempuan Makassar

  • 07 Juni 2022 16:36:43
  • Views: 9


PIKIRAN RAKYAT -
 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan penetapan 10 desa di Indonesia sebagai percontohan antikorupsi olehKPK.

Acara tersebut berjalan lancar, dan yang manarik adalah Ganjar Pranowo ‘Dibakar’ perempuan-perempuan Makasar ditempat acara yakni di Gowa, Sulawesi Selatan.

Berikut merupakan rangkaian prosesi Adat Sulawesi Selatan yang ditampilkan dalam acara tersebut:

Pepe-pepeka ri Makka
Lanterayya ri Madina
Ayya Allah parombasai natakabbere’ dunia

Alunan syair mengiringi empat perempuan naik ke panggung. Sambil memutar, mereka ikut merapal syair Pepe-pepeka ri Makka. Di tangganya, api menyala dari seikat ijuk. Sesekali dia mengarahkan api ke lengan lalu ke badan.

Sejurus kemudian, dengan sebuah isyarat mempersilakan, mereka mengundang sosok pria berambut putih untuk nai ke panggung. Syair berbahasa Makassar itu masih berdendang ketika dua perempuan mengarahkan api ke lengan sampai ke sekujur badan pria berambut putih.

Tak ada luka. Pun tak ada sisa menyala meski beberapa saat api dijalarkan. Pria berambut putih itu justru tersenyum begitu melihat raut bahagia yang terpancar dari empat perempuan itu. Seolah lega, orang yang mereka “bakar tak mempan dilalap api. Tak lama kemudian pria itu kembali ke tempat awal dia duduk.

Baca Juga: Tes Logika: Yakin Nalar Anda Hebat? Coba Temukan Hal Janggal pada Gambar, 9 dari 10 Orang Bingung

Sekembalinya ke tempat duduk, pria berambut putih mengaku telah dua kali “dibakar seperti itu. Tak ada yang terbakar, tak ada luka bahkan tidak merasakan panas. “Yang pertama saat penobatan saya sebagai Daeng Manaba, juga dibakar, kata dia. Daeng Manaba merupakan gelar bangsawan Bugis untuk Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Berbagai prosesi dan adat masyarakat Sulawesi Selatan memang tak asing bagi Ganjar, termasuk Pepe-pepeka ri Makka. Terlebih prosesi itu memiliki nilai filosofis tinggi dan sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat di Sulsel.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014672756/ganjar-pranowo-dibakar-perempuan-perempuan-makassar

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014672756/ganjar-pranowo-dibakar-perempuan-perempuan-makassar
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Pepe,
companies ADA,
ministries KPK,
organizations API,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH, SULAWESI SELATAN,
cities Gowa, Makasar,
cases korupsi,