Jauh-jauh dari Bengkulu, Bupati Mukomuko Temui Ganjar Pranowo Ajak Kerja Sama Industri Ekraf

  • 07 Juni 2022 16:36:52
  • Views: 11


PIKIRAN RAKYAT
-  Bupati Mukomuko, Sapuan, tak melewatkan sedetikpun momen pertemuannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Senin, 6 Juni 2022. Selama sejam penuh, keduanya membahas berbagai topik, mulai kelapa sawit hingga industri kreatif.

Bukan tanpa alasan Sapuan jauh-jauh menemui Ganjar. Menurutnya, hampir separuh penduduk di Kabupaten Mukomuko merupakan transmigran asal Jawa Tengah. Kebanyakan dari mereka, kata Sapuan sukses menggarap bidang pertanian.

40 persen dari warga kami itu dari Jawa Tengah Pak, transmigran dan menggarap sawah. Jadi (Mukomuko) pertanian sangat baik, panennya rata-rata delapan ton per hektare, ujar Sapuan.

Didampingi isterinya, Nurliyana Sapuan, Bupati Mukomuko juga mengatakan bahwa daerahnya merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Provinsi Bengkulu. Namun keterbatasan infrastruktur jadi kendala.

Baca Juga: Sejumlah Pantai di Miami Ditutup Sementara Waktu karena Serangan Air Limbah yang Meluap

Selain kelapa sawit, Sapuan juga sempat memamerkan produk UMKM batik yang sedang dikembangkan. Sapuan mengatakan, pengembangan UMKM batik ini melibatkan transmigran asal Jawa Tengah sebagai pembimbing.

UMKM kami hari ini itu batik banyak belajar di Jawa Tengah dan kami mengambil pembimbing dari Jawa Tengah. Harapan kami industri kreatif ini berkembang dengan kerjasama sepeti ini, ujarnya.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam kesempatan itu mengapresiasi semangat Bupati Mukomuko Sapuan yang bergerilya untuk menyokong kemajuan ekonomi dan industri kreatif di wilayahnya.

Kita coba bangun relasi, tadi beliau sampaikan buat batik, yang di sana tidak ada ahli dan mengambil dari pekalongan untuk melatih, katanya.

Baca Juga: Beredar Tampilan Toyota Innova Baru: Makin Mirip dengan All New Veloz, Tidak Ada Varian Diesel?


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014672629/jauh-jauh-dari-bengkulu-bupati-mukomuko-temui-ganjar-pranowo-ajak-kerja-sama-industri-ekraf

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014672629/jauh-jauh-dari-bengkulu-bupati-mukomuko-temui-ganjar-pranowo-ajak-kerja-sama-industri-ekraf
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA,
products UMKM,
places BENGKULU, JAWA TENGAH, SULAWESI UTARA,
cities Mukomuko, Pekalongan,
transportations Toyota Innova,
brands Toyota,