Banjir Masih Menghantui, Warga Kebon Pala Berharap Normalisasi Sungai Ciliwung Segera Dilakukan

  • 07 Juni 2022 16:24:29
  • Views: 10

JAKARTA, iNews.id - Banjir kiriman luapan Sungai Ciliwung kembali melanda sejumlah pemukiman warga di ibu kota, DKI Jakarta. Salah satunya melanda warga di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Menurut pantauan di lokasi tampak warga sedang membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya sambil menunggu surutnya genangan air yang singgah ke dalam rumah mereka. 

Ketua RT 013 RW 04 Kebon Pala, Sanusi menyampaikan saat ini warganya sedang membersihkan sisa lumpur dan genangan air yang tersisa di rumah masing-masing. Terkait situasi rutinnya banjir kiriman tersebut, Sanusi mengungkapkan warganya berharap normalisasi Sungai Ciliwung dapat segera dilaksanakan. 

Kita berharap Pemprov mau menormalisasi Sungai Ciliwung yang ada di dekat pemukiman kami. Ya minimal seperti di Kampung Pulo, soalnya sungainya sudah terlalu dangkal, ujar Sanusi, Selasa (7/6/2022). 

Kemudian, Sanusi menuturkan warganya pun pernah ditawarkan pemindahan ke rusun Pasar Rumput, Manggarai. Namun pemindahan tersebut belum ada tindak lanjutnya hingga sekarang. 

Warga kami yang terdampak di bantaran sungai sudah ditawarkan pindah ke pemukiman Rusun Pasar Rumput. Tapi tahapannya baru sampai rapat di tingkat RW saja, warga sih mau saja dipindah cuma belum ada kelanjutannya lagi, kata Sanusi. 

Di sisi lain, Ketua Pengurus Mushala, Firmansyah (40) mengatakan mereka sudah terbiasa menghadapi banjir kiriman ini sejak kecil. Dia pun mengaku jika pemerintah memberikan kesempatan untuk pindah dengan menawarkan alternatif pemukiman yang layak, mereka akan pindah dari sana. 

Meskipun sudah terbiasa, rasa tidak nyaman pasti ada. Ya kita senang saja kalau semisal pemerintah bisa menawarkan pemukiman alternatif biar kami bisa pindah dari sini, ujar Firmansyah kepada wartawan, Selasa (7/6/2022). 

Firmansyah mengaku warga di sekitar sudah siap siaga jika ada informasi kenaikan Bendung Katulampa yang berimbas pada meluapnya Sungai Ciliwung tersebut. Tetapi mereka mengaku tidak akan mengungsi kecuali jika ketinggian banjir sudah mencapai 2 meter lebih. 

Kalau cuma sepinggang enggak mengungsi, mungkin hanya sebagian manula dan anak-anak saja kita ungsikan ke kelurahan, atau ke sekolah terdekat. Tetapi kalau seperti banjir pas tahun baru 2020 kemarin yang sampai dua meter, kita baru mengungsi, katanya. 

Sementara itu, Lurah Kampung Melayu, Angga Harjuno Rakasiwi menjelaskan banjir tersebut mencapai ketinggian 100 cm untuk wilayah RT 013/04. Angga menegaskan titik terendah wilayah yang mengalami banjir ada di RW 04 Kebon Pala tersebut. 

Banjir ini disebabkan oleh debit air Sungai Ciliwung yang naik karena Bendung Katulampa semalam sudah berada pada siaga 3, ujar Angga.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:




https://www.inews.id/news/megapolitan/banjir-masih-menghantui-warga-kebon-pala-berharap-normalisasi-sungai-ciliwung-segera-dilakukan

Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/banjir-masih-menghantui-warga-kebon-pala-berharap-normalisasi-sungai-ciliwung-segera-dilakukan
Tokoh

Graph