DPRD DKI Setujui Tarif Integrasi MRT-LRT-TransJakarta Rp 10 Ribu

  • 07 Juni 2022 15:54:09
  • Views: 7

Jakarta -

Komisi B DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan tarif tiga moda transportasi yaitu integrasi MRT, LRT dan TransJakarta. Usulan tarif maksimum yang disepakati sebesar Rp 10 ribu.

Komisi B dapat menyetujui pelaksanaan tarif integrasi karena mendukung keterpaduan moda transportasi antara BRT (TransJakarta), LRT dan MRT Jakarta, kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022).

Ismail mengatakan nantinya akan diberlakukan uji coba selama 6 bulan ke depan. Adapun uji coba tarif integrasi bisa diterapkan usai diterbitkannya peraturan gubernur (Pergub) yang menjadi acuan pelaksanaan.

Tarif integrasi yang disetujui sebesar Rp 10 ribu dengan masa percobaan 6 bulan sejak ditetapkan dan akan dievaluasi setiap 6 bulan selama 1 tahun untuk mengetahui dampak implementasi paket dari integrasi terhadap nilai masyarakat menggunakan model transportasi massal, ujarnya.

Politikus PKS itu meyakini penerapan tarif integrasi ini mampu mendorong masyarakat beralih dari transportasi umum menjadi transportasi massal. Sepanjang tidak menambah beban APBD DKI melalui subsidi transportasi.

Jika terjadi penambahan PSO akan diputuskan di Komisi B, imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi B DPRD bersama Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat lanjutan persetujuan tarif integrasi transportasi. Sekretaris DKI Jakarta Marullah Matali yang hadir dalam rapat ini berharap besaran tarif segera disepakati.

Mudah-mudahan pada rapat kali ini pembahasan-pembahasan makin mengerucut dan makin maksimal memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat Jakarta, kata Marullah di Ruang Rapat Serbaguna DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Marullah menjelaskan rencana pelaksanaan paket tarif integrasi berdasarkan kajian yang telah disusun Pemprov DKI pihak terkait. Kajian ini, menurut dia, tentu berdasarkan pada kemampuan seseorang membayar jasa pelayanan (ATP) maupun kesediaan pengguna untuk mengeluarkan imbalan atas jasa yang diperoleh (WTP).

Lihat juga video 'Skema Tarif Baru Bila Integrasi Transportasi Umum Diterapkan':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/idn)

https://news.detik.com/berita/d-6114844/dprd-dki-setujui-tarif-integrasi-mrt-lrt-transjakarta-rp-10-ribu

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6114844/dprd-dki-setujui-tarif-integrasi-mrt-lrt-transjakarta-rp-10-ribu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Marullah Matali,
companies PT MRT Jakarta,
ministries DPRD, Komisi B DPRD DKI, Pemprov DKI Jakarta,
bumns TransJakarta,
parties PKS,
topics APBD DKI,
products MRT,
places DKI Jakarta,
cities Kebon Sirih,