Gerindra Segera Ganti M Taufik di DPRD DKI Jakarta

  • 07 Juni 2022 14:04:55
  • Views: 20

TEMPO.CO, Jakarta - Posisi politikus senior Partai Gerindra M Taufik di DPRD DKI akan segera digantikan dengan calon pengganti antar waktu (PAW). Taufik dipecat dari keanggotaan partai tersebut terhitung sejak hari ini, Selasa, 7 Juni 2022.

Segera, pasti akan kami PAW, sesuai mekanisme dan proses administrasi, ujar Wakil Ketua Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra, Wihadi Wiyanto di kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan.

Pemecata Taufik sebagai kader Partai Gerindra diputuskan dalam rapat MKP. Wihadi menyatakan pihaknya akan segera mengirim surat pemecatan kepada Taufik.

Wihadi menyatakan Taufik dipecat karena dinilai tidak loyal dan melakukan manuver-manuver yang menunjukkan ketidaksetiaannya pada partai. Salah satunya, ujar Wihadi, karena Taufik berkali-kali secara terbuka menyampaikan keinginan mundur dari partai. Padahal, kata Wihadi, dalam sidang pada 21 Februari, Taufik sudah memberikan surat pernyataan bahwa dia akan setia pada partai.

Dia melakukan kebohongan dalam sidang. Bukti tidak loyal lainnya, saat dia menjabat Ketua DPD, kantor DPD DKI tidak ada. Dan juga pada saat Pilpres DKI Jakarta, itu kalah. Nah, kemudian juga ada beberapa kasus korupsi yang masih berjalan prosesnya dan diperiksa oleh KPK, ujar dia.

Taufik juga ditengarai sering berbeda sikap dengan partai. Di antaranya dia berbeda arah dengan Gerindra soal calon yang akan mereka usung pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Gerindra memutuskan akan mendukung Wakil Gubernur sekaligus Ketua DPD DKI Jakarta Riza Patria sementara Taufik lebih memilih mendukung mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang merupakan kader Partai Golkar.

Airin disebut akan dipasangkan dengan Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Ahmad Sahroni. Taufik sempat memberi sinyal bergabung dengan Nasdem.

Selain itu Taufik juga berbeda arah dengan Gerindra soal Pilpres 2024. Taufik memilih mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sementara Gerindra ingin tetap mengusung Ketua Dewan Pengarah Prabowo Subianto.

Saat ditanya apakah sikap politik Taufik yang mendukung Anies juga menjadi alasan pemecatan Taufik, Wihadi enggan menjawab lugas.

Kami secara internal pokoknya sudah memutuskan adanya ketidakloyalan itu, karena memang tidak loyal, tuturnya.

M Taufik sebelumnya juga sudah menyampaikan rencana mundur sebagai anggota DPRD DKI setelah dicopot dari kursi Wakil Ketua DPRD DKI pada 2 Juni lalu. Dia juga menyatakan ingin mundur dari Gerindra, namun hingga keluarnya putusan pemecatan hari ini, dia belum menyampaikan surat pengunduran diri kepada Ketua Dewan Pengarah Gerindra Prabowo Subianto.

Baca: Resmi Pecat M Taufik, Gerindra: Tidak Loyal dan Banyak Bermanuver

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://nasional.tempo.co/read/1599245/gerindra-segera-ganti-m-taufik-di-dprd-dki-jakarta

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1599245/gerindra-segera-ganti-m-taufik-di-dprd-dki-jakarta
Tokoh













Graph