Ada di MacBook Air Teranyar, Ini Sederet Kemampuan Chip Baru Apple M2

  • 07 Juni 2022 13:10:47
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma iOS 16, dalam gelaran WWDC 2022 kemarin, Apple juga memperkenalkan kehadiran chip terbaru mereka yang dirancang khusus untuk Mac yaitu M2. Chip ini sendiri sudah digunakan untuk perangkat terbaru mereka yaitu MacBook Air dan MacBook Pro 2022.

M2 memulai generasi kedua chip M-series dan melampaui fitur luar biasa dari M1, kata Johny Srouji, Senior Vice President of Hardware Technologies, Apple, seperti mengutip pernyataan di laman Apple, Selasa (7/6/2022).

Dengan fokus tanpa henti kami pada kinerja hemat daya, M2 menghadirkan CPU, GPU, dan Neural Engine yang lebih cepat, ujarnya.

Selain itu, chip Apple M2 memiliki bandwidth memori yang lebih tinggi dan kemampuan baru seperti akselerasi ProRes, sehingga melanjutkan kecepatan inovasi yang luar biasa dalam silikon Apple untuk Mac.

Apple menjelaskan, Desain system-on-a-chip (SoC) M2 dibuat menggunakan teknologi 5-nanometer generasi kedua yang disempurnakan, dan terdiri dari 20 miliar transistor, atau 25 persen lebih banyak dari M1.

Transistor tambahan meningkatkan fitur di seluruh chip, termasuk pengontrol memori yang memberikan bandwidth memori terpadu 100 GB per detik atau 50 persen lebih banyak daripada M1.

Dengan memori terpadu cepat hingga 24 GB, M2 disebut dapat menangani beban kerja yang lebih besar dan kompleks.

Apple juga menawarkan kecepatan CPU hingga 19 kali lebih cepat dibandingkan M1. Apple mengklaim, M2 dapat menyelesaikan pekerjaan intensif CPU dengan daya yang sangat kecil, misalnya membuat musik dengan lapisan efek atau menerapkan filter kompleks ke foto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

MacBook, MacBook Air, dan Mac Mini baru Apple dilengkapi chip prosesor buatan Apple sendiri, bukan buatan Intel seperti selama ini. Analis menilai langkah ini bisa tingkatkan pemasukan Apple, sekaligus lebih memadukan laptop dan desktop buatannya ke ...


https://www.liputan6.com/tekno/read/4980206/ada-di-macbook-air-teranyar-ini-sederet-kemampuan-chip-baru-apple-m2

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4980206/ada-di-macbook-air-teranyar-ini-sederet-kemampuan-chip-baru-apple-m2
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
places DKI Jakarta,
brands Apple,