Lagi-lagi Harga Bahan Pokok Melambung, Cabai Rawit Paling Parah

  • 07 Juni 2022 13:07:17
  • Views: 11

IDXChannel - Beberapa harga bahan pokok penting (bapokting) mengalami kenaikan yang signifikan terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi, pada Selasa (7/6/2022). 

Kenaikan tertinggi terdapat pada komoditas cabe rawit merah yang naik Rp10 ribu/kg.

Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi merilis daftar harga bapokting di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede Sukabumi. Selain banyak komoditas yang mengalami kenaikan harga, tetapi terdapat juga yang mengalami penurunan harga. 

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Diskumindag Kota Sukabumi, Moh Rifki mengatakan bahwa komoditi cabe yang mengalami kenaikan, seperti harga cabe rawit merah saat ini mengalami kenaikan perkilonya dari harga Rp80 ribu naik menjadi Rp90 ribu. 

Untuk cabe rawit hijau naik menjadi Rp74 ribu dari Rp68 ribu, cabe hijau besar naik dari Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu. Sedangkan harga untuk kol naik dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu, terigu Segitiga Biru naik dari Rp9 ribu menjadi Rp10.500 dan harga bawang merah Jawa naik menjadi Rp54 ribu dari Rp44 ribu, ujar Rifki dalam keterangannya kepada MNC Portal Indonesia. 

Untuk komoditas yang mengalami penurunan harga, lanjut Rifki, terjadi pada harga cabe merah TW yang turun dari harga Rp72 ribu menjadi Rp70 ribu, namun harga telor ayam negeri tetap Rp29 ribu, minyak goreng kemasan di pasar modern Rp47.900/2 liter, minyak goreng kemasan di pasar tradisional Rp21.000 - 23.000/liter. 

Harga daging ayam broiler Rp40.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, beras Ciherang Cianjur 1 Rp11.500/kg, beras Ciherang Sukabumi Rp9400/kg, beras premium kelas I Rp12.000/kg dan beras Medium terendah Rp8000/kg, ujar Rifki. 

Lebih lanjut Rifki mengatakan bahwa terkait penyebab sejumlah harga bapokting yang mengalami kenaikan harga karena disebabkan oleh pasokan dari daerah yang berkurang, hal tersebut dikarenakan faktor cuaca yang mengakibatkan harga bapokting terkoreksi naik. 

Dengan adanya kenaikan dari sejumlah harga bapokting di Kota Sukabumi, kami dari Diskumindag akan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) untuk mencari penyebab lain dari kenaikan harga tersebut, ujar Rifki. 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/lagi-lagi-harga-bahan-pokok-melambung-cabai-rawit-paling-parah

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/lagi-lagi-harga-bahan-pokok-melambung-cabai-rawit-paling-parah
Tokoh

Graph

Extracted

companies MNC,
parties Pelita,
topics bapokting,
products Beras, daging,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Cianjur, Sukabumi,
animals Ayam, Sapi,
plants Bawang merah, Cabai,