Akibat Pergerakan Tanah, 2 Rumah di Bandung Barat Ambruk

  • 07 Juni 2022 12:56:35
  • Views: 13

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak dua unit rumah di Kampung Ciwur RT 02 RW 10, Desa Cikande, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ambruk rata dengan tanah akibat bencana pergerakan tanah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat laporan pergerakan tanah di Kampung Ciwur telah dilaporkan sejak 20 Mei 2022. Kondisi itu menimbulkan retakan pada dinding rumah. Makin lama retakan membesar sehingga menyebabkan ambruk, pada Senin 6 Juni 2022.

Laporkan pergerakan tanah di wilayah ini telah terjadi sejak 20 Mei 2022. Saat ini pergarakan tanah semakin membesar dan berdampak awalnya rumah retak, kini telah rata atau ambruk roboh, kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Amas, Selasa 7 Juni 2022.

Baca Juga: BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 Cair Juni? CEK Info dan Ciri Bantuan Sudah Disalurkan di Sini!

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemilik rumah telah mengungsi sementara ke rumah kerabatnya. Selain 2 rumah ambruk, BPBD mencatat ada 3 rumah lagi yang terancam pergerakan tanah

Jadi total yang terdampak ada 2 rumah rusak berat ambruk. Selain itu ada 3 di sekitarnya terancam, tambah Amas. 

Berdasarkan hasil investigasi, luas pergerakan tanah di wilayah itu mencapai 1 hektar. Posisi pergerakan tanah berada di cekungan buki sekitar Gunung Paseban.

Baca Juga: KARTU PRAKERJA GELOMBANG 32 DIBUKA, Ini Jamnya?

Amas menyebut pihaknya akan menerjunkan tim geologi untuk meneliti pergerakan tanah di wilayah ini supaya diketahui tingkat kerawanan bagi pemukiman warga. 


https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793563733/akibat-pergerakan-tanah-2-rumah-di-bandung-barat-ambruk

Sumber: https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793563733/akibat-pergerakan-tanah-2-rumah-di-bandung-barat-ambruk
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BPBD, BPJS,
topics Kartu Prakerja, Prakerja,
products Kartu Pra Kerja,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Gunung, Paseban,