Siapa Pemilik Dufan? Yuk Intip Penjelasannya

  • 07 Juni 2022 12:07:33
  • Views: 16

IDXChannel - Siapa pemilik dufan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan terhadap publik. 

Seperti diketahui pemilik taman rekreasi ini sudah pasti memiliki wisata ancol secara keseluruhan. Lalu siapa pemilik dufan?

Untuk menjawab pertanyaan siapa pemilik dufan? Simak penjelasan yang berhasil dihimpun kami dari berbagai sumber ini. 

Sejarah Dufan 

Dufan atau disebut juga Dunia Fantasi adalah sebuah theme park yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Indonesia yang diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 29 Agustus 1985.

Melansir Wikipedia, proyek Dufan dicanangkan pada awal tahun 1980 dimana pada saat itu Ancol masih dibawah kepemimpinan Handogo Soekarno yang menjabat sebagai kepala divisi promosi Taman Impian Jaya Ancol. 

Saat itu, Handogo memberikan mandat kepada Benny Benhardi untuk membuat ilustrasi menggunakan Birds Eye View. 

Pengerjaan ini dibuat di kantor Arsitektur Balai Samudra dibawah arahan Bapak Sutisna dan arsitek senior Budi Priambodo serta beberapa juru gambar. 

Dunia Fantasi mempunyai beberapa maskot yang salah satunya berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). 

Dipilihnya kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan Kera. 

Sedangkan pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. 

Pada awalnya, Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi karena pada saat itu, Agustinus Teddy Darmanto selaku ketua sekaligus penanggung jawab BenDufan (Bengkel Dunia Fantasi) sangat sibuk dalam tahap penyelesaian akhir. 

Karena itu, pengvisualisasian diberikan pada Matari Advertising. 

Namun setelah Dunia Fantasi dibuka untuk umum, visualisasi karakter Dufan diambil alih kembali oleh tim BenDufan dan kemudian terciptalah logo beserta karakter-karakter Dunia Fantasi.

width=800

Siapa Pemilik Dufan? Yuk Intip Penjelasannya. (foto : MNC Media)

Seperti diketahui Dufan sendiri masuk dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. 

Pengelola ini semuanya diserahkan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol yang mengelolah kawasan ini sepenuhnya. 

Sedangkan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, anak perusahaan dari Grup Pembangunan Jaya.

Melansir situs resmi mereka, Pembangunan Jaya Ancol merupakan perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan porsi 72% saham, sisanya PT Pembangunan Jaya 18,01% dan publik 9,99%.

Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) didirikan 10 Juli 1992 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1996. 

Awalnya, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Pembangunan Jaya Ancol Tbk, antara lain: Pemerintah Daerah DKI Jakarta (72,00%) dan PT Pembangunan Jaya (18,01%).

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan PJAA adalah berusaha dalam bidang pembangunan dan jasa. Kegiatan utama Jaya Ancol yang dijalankan saat ini adalah berusaha dalam bidang Real estat, yaitu pembangunan, penjualan dan penyewaan bangunan dan penjualan tanah kapling (Marina Coast Royal Residence, Marina Coast The Green, Marina Coast The Bukit, De’ Cove, Apartemen Northland, Jaya Ancol Seafront, Coasta Villa, Putri Duyung Ancol, Town House Puri Marina Ancol dan Pulau Bidadari); Kawasan Pariwisata (Rekreasi), yaitu mengelola taman dan pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Ocean Ecopark, pasar seni dan dermaga.

Pada tanggal 22 Juni 2004, PJAA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham PJAA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 80.000.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp1.025,- per saham. 

Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 02 Juli 2004. Saat ini sekitar 9,99 persen saham PT Pembangunan Jaya Ancol sendiri telah dilepas kepada masyarakat. 

Kesimpulannya

Dengan demikian, bisa dipastikan pemilik dufan yaitu masih dikuasai oleh Pemprov DKI Jakarta sebesar 72 persen, PT Pembangunan Jaya sebagai induk corporate sebesar 18,01 persen, dan masyarakat yang membeli saham di bursa efek sebesar 9,99 persen.

Itulah penjelasan siapa pemilik dufan. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda. 


https://www.idxchannel.com/economics/siapa-pemilik-dufan-yuk-intip-penjelasannya

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/siapa-pemilik-dufan-yuk-intip-penjelasannya
Tokoh



Graph