Jokowi Lantik Para Anggota BPIP, Megawati Soekarnoputri Tetap Jadi Dewan Pengarah

  • 07 Juni 2022 10:49:14
  • Views: 8

Di Hari Lahir Pancasila, ada pesan yang diselipkan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Yudian memandang perlunya mempraktikkan ideologi bangsa, yaitu Pancasila secara konkret untuk merespons setiap tantangan, seperti ketegangan politik global, perkembangan teknologi, mutasi berbagai penyakit, hingga perubahan iklim.

Di luar kita hari ini terhadap derasnya perkembangan teknologi informasi, ketegangan politik global, perubahan iklim, dan mutasi berbagai penyakit seperti halnya Covid-19 yang sekarang sudah tertangani, ujar Yudian dalam pernyataan video di YouTube Sekretariat Presiden, melansir Antara, Rabu (1/6/2022).

Menurut dia, suatu bangsa harus mampu mempraktikkan ideologi bangsanya dalam berbagai langkah konkret untuk merespons setiap tantangan yang hadir.

Pancasila sebagai ideologi bangsa memberikan kerangka nilai yang harus menerjemahkannya dalam berbagai kebijakan yang berorientasi pada persatuan nasional, tata kelola yang baik, dan kemaslahatan publik, ucap Yudian.

Dia mengatakan, kelahiran Pancasila sebagai ideologi negara merupakan pijakan awal bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Kebulatan tekad menyatukan pandangan hidup seluruh elemen bangsa, memberikan keyakinan bahwa perbedaan merupakan keniscayaan lahiriah, bahkan rahmat dari Tuhan, kata Yudian.

Bangsa Indonesia dengan ideologi Pancasila, lanjut dia, terbukti telah berhasil hidup saling menghormati dan saling sayang menyayangi. Perilaku ini adalah bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bagian dari sejarah masa depan umat manusia

Yang akan terus mewariskan keluhuran jiwa sebagai rasa syukur kita pada lima konsensus, yaitu ketuhanan, keagamaan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial, kata Yudian.


https://www.liputan6.com/news/read/4980239/jokowi-lantik-para-anggota-bpip-megawati-soekarnoputri-tetap-jadi-dewan-pengarah

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4980239/jokowi-lantik-para-anggota-bpip-megawati-soekarnoputri-tetap-jadi-dewan-pengarah
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Megawati Soekarnoputri, Yudian Wahyudi,
companies ADA, YouTube,
ministries BPIP,
parties PDIP,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
cases covid-19,