Kemendikbudristek Buka Data Kenapa Candi Borobudur Harus Segera Diselamatkan

  • 07 Juni 2022 08:48:36
  • Views: 10

Suara.com - Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid menjelaskan, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah sudah terbebani dengan pariwisata yang terlalu berlebih.

Hilmar menjelaskan, sejak dibuka untuk pariwisata bagi masyarakat luas pada 1983, jumlah pengunjung ke Candi Borobudur terus meningkat dari tahun ke tahun hingga akhirnya berdampak pada keutuhan bangunan candi.

Kerusakan pada bangunan candi mencakup penurunan, keausan batu, pengelupasan relief, dan lainnya, kata Hilmar, Selasa (7/7/2022).

Sehingga, pihaknya mengusulkan agar membatasi jumlah pengunjung yang bisa naik ke atas bangunan candi Borobudur.

Baca Juga: Ini Kelebihan yang Ditawarkan dari Naiknya Tarif Tiket Candi Borobudur

Ditjen Kebudayaan Kemdikbudristek sudah membuat kajian yang memperlihatkan bahwa daya tampung dari bangunan candi itu sebesar 1.200 orang per hari.

Pembatasan jumlah pengunjung ini sudah disepakati oleh para pihak yang bertanggungjawab atas pengelolaan Candi Borobudur, ucapnya.

Namun, dia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan usulan mengenai kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur karena memang bukan merupakan tugas atau kewenangan Kemdikbudristek.

“Penetapan harga tiket itu merupakan kewenangan BUMN, dalam hal ini PT Taman Wisata Candi Borobudur, jelasnya.

Pengumuman mengenai harga tiket disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan seusai rapat pada 4 Juni 2022 di Borobudur.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik, Menparekraf Janji Ada Jalan Keluar untuk Umat Buddha yang Ingin Beribadah

“Kemdikbudristek diwakili oleh Direktur Pelindungan Kebudayaan dan Kepala Balai Konservasi Borobudur. Tapi kami tidak memberikan usulan harga tiket dalam kesempatan itu, tegasnya.


https://www.suara.com/news/2022/06/07/075943/kemendikbudristek-buka-data-kenapa-candi-borobudur-harus-segera-diselamatkan

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/07/075943/kemendikbudristek-buka-data-kenapa-candi-borobudur-harus-segera-diselamatkan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hilmar Farid, Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA, PT Taman Wisata Candi,
fasums Borobudur,
places JAWA TENGAH,
cities Magelang,