Sandiaga Minta Pro Kontra Harga Tiket Borobudur Jangan Timbulkan Perpecahan

  • 07 Juni 2022 08:07:41
  • Views: 4

IDXChannel - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta kepada semua pihak, agar tidak ada terjadinya perpecahan lantaran adanya kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan domestik. Wisatawan mancanegara (wisman) USD 100.

Penetapan harga tiket masuk ke Candi Borobudur itu menimbulkan kontra dari sebagian masyarakat, khsusnya para pelaku ekonomi kreatif (Parekraf) di sekitar Borobudur.

Kita boleh mengungkapkan pendapat kita di media sosial maupun media mainstream, tapi kita harus bijak, katanya dalam weekly press briefing , Senin (6/6/22).

Dia menjelaskan, bahwa kebijakan tiket khusus itu hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk naik ke atas bangunan Candi Borobudur, dan diterapkan melalui sistem reservasi online.

Sandiaga menambahkan, adanya aksi protes dengan kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur itu pihaknya akan melakukan langkah strategis. Mengkaji ulang dan mengevaluasi. Mengingat pula, saat ini industri pariwisata sedang berjalan untuk bangkit kembali pasca pandemi Covid-19.

Adapun beberapa alasan yang melatarbelakangi pernyataan tersebut, yaitu adanya dukungan infrastruktur, mulai dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta, jalan tol, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), desa-desa wisata, Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) hingga homestay untuk mendukung pengembangan kawasan Borobudur.

Kami akan melakukan langkah-langkah strategis setelah mendapatkan masukan begitu banyak dari para netizen, para ahli, dunia usaha, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, ahli budaya, tokoh-tokoh agama, dan tokoh-tokoh masyarakat, terangnya.

Sandiaga juga menilai, bahwa Candi Borobudur bukan hanya sebagai tempat wisata saja. Melainkan bangunan bersejarah yang penting dengan peradaban di Nusantara. Khususnya bagi aspek studi, Candi Borobudur kerap dijadikan tujuan wisata edukasi bagi para pelajar.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/sandiaga-minta-pro-kontra-harga-tiket-borobudur-jangan-timbulkan-perpecahan

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/sandiaga-minta-pro-kontra-harga-tiket-borobudur-jangan-timbulkan-perpecahan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno,
companies ADA, MNC,
fasums Borobudur,
places DI YOGYAKARTA,
cities Yogyakarta,
cases covid-19,