Cuaca Hari Ini, BMKG: Sebagian Indonesia Hujan, Terpanas di Jakarta

  • 07 Juni 2022 06:03:23
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan pada hari Selasa, 7 Juni 2022. Ibu kota provinsi yang diperkirakan dilanda hujan disertai petir pada hari Selasa, 7 Juni 2022, adalah Bengkulu, Banjarmasin, Samarinda, Mataram dan Palembang.

Hujan skala sedang kemungkinan terjadi di Surabaya dan Bandar Lampung. Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado dan Medan. 

BMKG memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Sumatra Barat dan di Aceh.

Daerah konvergensi juga meliputi Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah dan di Maluku.

Selain itu terdapat daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Laut Jawa hingga Selat Karimata, di Laut Flores, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Suhu udara berkisar antara 19-34 °C dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Jakarta Pusat dan Banjarmasin.

Sementara itu, bagi warga Indonesia yang sudah mulai berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, BMKG juga merilis prakiraan cuaca dan suhu udara di Mekkah, Madinah dan Jeddah. Ketiga kota tersebut memiliki kisaran suhu yang sama yaitu 31-45 °C. 

Cuaca di Mekkah cerah saat siang dan sore. Sedangkan di Madinah dan Jeddah cerah berawan pada siang hari kemudian menjadi cerah di sore hari. 

Baca:
BMKG Prakirakan Hujan Melanda Sebagian Indonesia, Beberapa Berstatus Waspada

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1599096/cuaca-hari-ini-bmkg-sebagian-indonesia-hujan-terpanas-di-jakarta

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1599096/cuaca-hari-ini-bmkg-sebagian-indonesia-hujan-terpanas-di-jakarta
Tokoh

Graph