Kata Politikus Golkar soal Isu KIB Dibikin Buat Tampung Capres Pilihan Jokowi

  • 07 Juni 2022 05:03:20
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih jauh untuk berbicara calon presiden di Pemilihan Presiden 2024. Untuk itu, ia enggan merespons berbagai spekulasi bahwa koalisi bentukan Partai Golkar, PPP, dan PAN tersebut dibentuk sebagai kendaraan politik untuk mengusung calon presiden pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kami belum sampai bab bicara capres. Nanti ada waktunya kita bicara pasangan. Sekarang kita masih tahap pendahuluan, nanti selanjutnya memperdalam konsepsi, lalu agenda kerja. Capres itu bab berikutnya, tutur Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 6 Juni 2022.

Kendati demikian, Doli mengakui bahwa Koalisi Indonesia Bersatu ini, dalam konteks pembangunan, akan melanjutkan proses pembangunan era pemerintahan Jokowi. Dalam konteks visi, misi, program, koalisi ini adalah bagian melanjutkan program dan prestasi pemerintahan saat ini. Apalagi Pak Airlangga Hartarto kan memang bagian dari pemerintahan saat ini, ujar dia.

Saat ditanya apakah KIB ini terbentuk atas restu Jokowi, Doli hanya menjawab normatif. Mudah-mudahan begitu. Kami berharap begitu. Dan saya kira Pak Jokowi akan merestui siapa saja kalau untuk kepentingan bangsa dan negara serta bisa meneruskan dan melanjutkan apa yang sudah dicapai oleh Pak Jokowi, ujar dia.

Laporan Majalah Tempo pekan ini menyebut, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan kabar terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi seusai rapat terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Mei lalu.

Kepada Tempo pada Rabu, 18 Mei lalu, Airlangga membenarkan kabar tentang pertemuannya dengan Presiden. “Beliau bilang, ‘alhamdulillah’, ujarnya. Koalisi Indonesia Bersatu dideklarasikan di Rumah Heritage Jakarta pada Kamis, 12 Mei lalu. Ketika itu, Jokowi sedang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika di Washington, DC, Amerika Serikat.

Menurut tiga politikus Golkar yang mengetahui isi pertemuan itu, Jokowi senang atas pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi itu pun bisa menjadi alternatif untuk mengajukan calon penggantinya. Sumber yang sama menyebutkan Airlangga diminta menambah satu partai agar koalisi lebih solid untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024.

Enam petinggi Golkar serta dua politikus PAN dan PPP mengatakan koalisi itu dipersiapkan untuk mengusung calon presiden pilihan Jokowi. Ditemui terpisah, enam narasumber itu kompak menyebut nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Sinyal dukungan Jokowi dinilai terlihat saat Jokowi berpidato dalam Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi atau Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 21 Mei lalu. Presiden meminta relawan pendukungnya tak buru-buru mendukung calon tertentu. Jokowi menyebutkan mungkin calon yang didukung ada dalam acara itu. Relawan yang hadir lantas meneriakkan nama Ganjar, yang juga hadir di situ.

Pada Sabtu, 4 Juni lalu, tiga ketua umum partai di Koalisi Indonesia Bersatu menandatangani kesepakatan bersama. Ketiganya menyatakan calon presiden yang diusung pada Pemilu 2024 bisa berasal dari dalam ataupun luar koalisi. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan calon presiden yang dipilih bisa saja Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, atau nama lain. Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, yang diundang dalam pertemuan itu, mengatakan bisa saja nanti organisasinya berkolaborasi dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

Ahmad Doli menyebut, berbagai peristiwa politik tersebut tidak bisa diartikan KIB akan mengusung Ganjar. Kata dia, calon presiden akan digodok bersama dengan partai-partai koalisi dan KIB masih membuka diri untuk partai-partai lain yang ingin bergabung. Kami juga terbuka kerjasama dengan kekuatan politik manapun, termasuk Projo, tuturnya.

DEWI NURITA | MAJALAH TEMPO


https://nasional.tempo.co/read/1599073/kata-politikus-golkar-soal-isu-kib-dibikin-buat-tampung-capres-pilihan-jokowi

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1599073/kata-politikus-golkar-soal-isu-kib-dibikin-buat-tampung-capres-pilihan-jokowi
Tokoh

















Graph