Hasto Kristiyanto Menangis Usai Lulus Doktor dengan Penguji Megawati hingga Budi Gunawan

  • 06 Juni 2022 22:48:38
  • Views: 9

Menurutnya pernyataan itu luar biasa. Apalagi dari pengalaman hidup Megawati saat sang ayah digulingkan.

Jadi anak presiden, tinggal di istana kemudian akibat peristiwa politik yang tidak jelas kebenarannya sampai sekarang menjadi rakyat biasa, tidak membawa apa-apa. Bahkan Bung Karno tidak tahu berapa gajinya, dimana dana pensiunnya tidak tahu, kata dia.

Menurut Hasto, apa yang dialami Bung Karno dan keluarga pascaruntuhnya orde lama tak sebanding dengan apa yang telah diperjuangkannya sebelum kemerdekaan Indonesia. Seorang proklamator harus merasakan pahitnya bui di negeri sendiri.

Kemudian kita tahu apa yang terjadi dengan Bung Karno. Pernah suatu ketika, tanpa proses hukum yang jelas Ibu Mega menengok Bung Karno membawa makanan. Ransum makanan yang mau dikasih kepada proklamator yang berjuang sejak usia 16 tahun keluar masuk penjara dengan penuh keyakinan berjuangan bagi kepentingan negara lebih penting dari keluarga, makanan ini diaduk-aduk dengan bayonet, urai Hasto panjang lebar.

Meski demikian, saat orde baru jatuh, menurut Hasto, Megawati tidak memberlakukan hal yang sama kepada Soeharto dan keluarga. Justru Megawati membela keluarga Soeharto.

Ketika reformasi Pak Harto jatuh, semua menghujat Pak Harto, Ibu Mega mengatakan 'stop hujat Pak Harto. Dan Ibu Mega melakukan langkah rekonsiliasi nasional. Bahkan tidak ada dendam sedikit pun dari Ibu Mega.

Menurutnya, Megawati hanya punya cita-cita sederhana. Bagaimana Bung Karno diterima apa adanya.

Dan beliau telah melakukan rekonsiliasi nasional tanpa dendam yang menurut saya lebih hebat dari Nelson Mandela, usai pernyataannya inilah Hasto menangis haru.


https://www.liputan6.com/news/read/4980052/hasto-kristiyanto-menangis-usai-lulus-doktor-dengan-penguji-megawati-hingga-budi-gunawan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4980052/hasto-kristiyanto-menangis-usai-lulus-doktor-dengan-penguji-megawati-hingga-budi-gunawan
Tokoh











Graph