Mengenal Bravo 5, Ormas yang Terlibat Pemukulan Anak DPR di Jalan Tol

  • 06 Juni 2022 20:10:37
  • Views: 8

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemukulan (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Nama organisasi masyarakat atau Ormas Bravo 5 mendadak menjadi sorotan publik menyusul insiden pemukulan kepada anak seorang anggota DPR, Justin Frederick. Banyak warga yang mulai bertanya-tanya terkait ormas apa Bravo 5 itu, hingga berani melakukan tindak penganiayaan atau pemukulan terhadap anak anggota DPR di jalan tol.

Aksi penganiayaan terhadap anak anggota DPR dari Fraksi PDIP, Indah Kurnia, itu terjadi di ruas jalan Tol Dalam Kota, Jakarta Timur, Sabtu (4/6/2022). Aksi pemukulan ini terekam CCTV hingga videonya viral setelah tersebar di media sosial (medsos).

PromosiTerkubur 3.400 Tahun, Kota Kuno dari Bangsa Inovatif Ditemukan di Irak

Dalam video itu, pelaku juga mengendarai mobil berpelat nomor RFH, yang merupakan pelat nomor untuk pejabat negara Eselon II atau setingkat direktur di sebuah kementerian.

Setelah ditelusuri, diketahui jika pelaku pemukulan anak DPR di jalan tol itu adalah Ali Fanser Marabesi, yang merupakan Ketua Umum Pemuda Bravo 5. Lantas apa itu Ormas Bravo 5?

Diolah dari berbagai sumber, Bravo 5 merupakan ormas yang dibentuk para purnawirawan jenderal TNI yang merupakan pendukung Presiden Joko Widodo. Ormas ini menjadi salah satu organisasi sukarelawan pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu.

Baca juga: Profil Indah Kurnia, Anggota DPR RI yang Anaknya Dianiaya di Tol Gatsu

Ketua Ormas Bravo 5 saat ini adalah Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi Batubara, yang juga mantan Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi.

Kendati demikian, Ormas Bravo 5 didirikan Jenderal TNI (HOR) Purn. Luhut Binsar Pandjaitan, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marivest). Dalam ormas Bravo 5 saat ini, Luhut menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Bravo-5.

Sementara itu, terkait insiden pemukulan yang melibatkan anggotanya, DPP Pemuda Pejuang Bravo 5 telah memberikan pernyataan. Sekretaris Pemuda Pejuang Bravo 5, Ahmad Zazali, menyebut insiden pemukulan yang melibatkan Ali Fanser Marasabessy itu berawal dari provokasi yang dilakukan korban, Justin Frederick.

Baca juga: Purnawirawan TNI/Polri Jateng Kampanyekan Jokowi-Ma’ruf Lewat Bravo 5

Zazali menyebut Justin terlebih dahulu mengacungkan jari tengah saat mobilnya didahuli kendaraan Ali Fanser yang menggunakan pelat nomor RFH.

“Lalu kendaraan yang ditumpangi AFM menghentikan JF untuk menanyakan maksud JF mengacungkan jari tengah. JF dengan nada tinggi terlihat marah serta menantang, lalu memukul AFM terlebih dahulu, ujar Zazali, dikutip dari Antara.

Melihat hal itu, rekan semobil Ali Fanser pun tidak terima sehingga terjadi perkelahian seperti yang terekam dalam video.

“Bahwa menurut AFM perkelahian itu terjadi secara spontan dan tidak ada motif apapun, karena antara AFM dan JF tidak saling kenal sebelumnya, ujarnya.


https://www.solopos.com/mengenal-bravo-5-ormas-yang-terlibat-pemukulan-anak-dpr-di-jalan-tol-1333178?utm_source=terkini_desktop

Sumber: https://www.solopos.com/mengenal-bravo-5-ormas-yang-terlibat-pemukulan-anak-dpr-di-jalan-tol-1333178?utm_source=terkini_desktop
Tokoh









Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, joko widodo, Justin, Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA,
ministries DPR RI, Kemenag, TNI,
parties PDIP,
products batubara, CCTV,
nations Indonesia, Irak,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cases penganiayaan,