Tertekan di China, Fintech Jack Ma Bikin Bank Digital di Sini

  • 06 Juni 2022 20:07:39
  • Views: 15

Jakarta, CNBC Indonesia - Ant Group, raksasa teknologi keuangan milik miliarder China Jack Ma, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan bank grosir digital di Singapura.

Langkah ini menandai ekspansi lanjutan perusahaan yang berbasis di Hangzhou di luar negeri.

Padahal bisnis mereka di China masih berada di bawah tekanan regulasi setelah penawaran umum perdana perusahaan senilai US$34 miliar tiba-tiba dibatalkan pada akhir tahun 2020.

Ant Group baru-baru ini akhirnya mengubah dewan direksinya setelah menyetujui pada 2021 untuk menjadi perusahaan induk keuangan yang diawasi oleh bank sentral negara tersebut, Bank Rakyat Tiongkok.

Sekarang, raksasa fintech tersebut mengatakan bahwa anak perusahaannya yang sepenuhnya dimiliki dan berbasis di Singapura, ANEXT Bank, akan menyediakan layanan keuangan untuk usaha kecil dan menengah di wilayah tersebut.

Dipimpin oleh mantan eksekutif DBS Toh Su Mei dan bekerja sama dengan pasar bisnis-ke-bisnis lokal Proxtera, perusahaan sekarang menawarkan pratinjau akun bisnis ANEXT mata uang ganda. Mereka akan resmi ditawarkan pada kuartal ketiga tahun ini.

AntFoto: Jack Ma dalam acara Ant Group (REUTERS/Bobby Yip)

Ini menandai tonggak sejarah lain dalam perjalanan pengembangan bank digital Singapura, upaya strategis untuk memastikan sektor perbankan tetap progresif, kompetitif secara global, dan bersemangat, kata Chief Fintech Officer Monetary Authority of Singapore (MAS) Sopnendu Mohanty, dikutip dari Forbes, Senin (6/6/2022).

Ant Group bukan satu-satunya perusahaan fintech yang ingin menyediakan layanan perbankan digital di Singapura.

Pekan lalu, Green Link Digital Bank, yang dimiliki oleh konsorsium yang mencakup pengembang China Greenland Holdings dan Linklogis Hong Kong, telah memulai bisnis di negara tersebut.

Perusahaan teknologi milik Miliarder Forrest Li, Sea Ltd. dan Grab Holdings dari Anthony Tan juga diberikan lisensi bank digital pada tahun 2020, dan diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Bank Mandiri Ogah Latah Dirikan Bank Digital, Ini Alasannya


(roy/roy)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220606165026-37-344746/tertekan-di-china-fintech-jack-ma-bikin-bank-digital-di-sini

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220606165026-37-344746/tertekan-di-china-fintech-jack-ma-bikin-bank-digital-di-sini
Tokoh





Graph

Extracted

persons Forrest Li, Jack Ma,
companies Ant Group, Grab, Reuters,
ministries MA,
bumns Bank Mandiri,
topics bank digital,
products fintech,
nations Greenland, Hong Kong, Indonesia, Republik Rakyat Cina, Singapura,
places DKI Jakarta,
cities Hangzhou, Tiongkok,