Begini Spesifikasi Safety Car Formula E yang Ditumpangi Anies Baswedan

  • 06 Juni 2022 20:04:02
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal sirkuit Formula E Jakarta dengan menumpang Safety Car Porsche Taycan pada Sabtu, 4 Juni 2022. Anies memutari Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, itu sebanyak tiga putaran atau sekitar 4 menit

Lalu apa Safety Car ini?

Safety Car merupakan mobil keamanan yang digunakan dalam ajang balapan seperti Formula One atau F1 dan Formula E. Mobil ini bertugas memastikan trek balap bebas hambatan dari gangguan apa pun saat gelaran berlangsung. Tujuannya untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan akibat adanya penghalang di trek atau cuaca buruk. Oleh sebab itu, Safety Car harus tak kalah laju dari mobil pembalap.

Anies, sebagai orang yang awam di dunia balap mobil, saat berada di dalam safety car mengaku perut rasanya seperti ketinggalan saking lajunya. Karena mobilnya berjalan hingga kecepatan 200 km per jam, dan dari 0-100 km per jam itu hanya sekitar dua detik. Jadi rasanya, buat seseorang yang bukan di bidang balap mobil, itu pengalaman luar biasa, kata dia.

Safety Car Seri Formula E 2021-2022 dipercayakan kepada perusahaan otomotif asal Jerman Porsche lewat mobil Porsche Taycan Turbo S. Wakil Presiden Porsche Motorsport, Thomas Laudenbach mengaku bangga atas kepercayaan itu. “Dengan Taycan Turbo S sebagai mobil keselamatan resmi, kami memberikan kontribusi penting untuk melacak keselamatan dan juga menggarisbawahi pentingnya Formula E untuk Porsche Motorsport, kata dia, dikutip Tempo dari newsroom.porsche.com.

Mengutip laman fiaformulae.com, Porsche Taycan debut pada putaran pembukaan musim ini di Diriyah, Arab Saudi, pada 28 hingga 29 Januari 2022. Porsche Taycan disebut memiliki kekuatan output hingga 560 kilowatt.

Dengan performa tinggi tersebut, kendaraan ini diklaim ideal untuk peran penting sebagai mobil keamanan di gelaran juara dunia tersebut. Porsche Taycan berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam 2,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 260 kilometer per jam.

Konversi tersebut membutuhkan pemasangan rollcage dan kursi bucket balap dengan sabuk pengaman enam titik. Tak hanya itu, mobil juga dilengkapi dengan sistem komunikasi sekaligus alat pemadam kebakaran berteknologi tinggi untuk keamanan.

Safety Car Formula E juga dicat menggunakan warna mencolok. Terdiri dari beragam warna yang mewakilkan sebelas tim kejuaraan dan FIA dan Formula E.

“Melambangkan komitmen semua orang yang terlibat dalam Formula E dan jalan bersama menuju masa depan balap motor listrik, kata Laudenbach.

HENDRIK KHOIRUL MUHID
Baca juga:


https://otomotif.tempo.co/read/1598964/begini-spesifikasi-safety-car-formula-e-yang-ditumpangi-anies-baswedan

Sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1598964/begini-spesifikasi-safety-car-formula-e-yang-ditumpangi-anies-baswedan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
topics Listrik,
fasums Monas,
nations Arab Saudi, Jerman,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,
cases kebakaran,
transportations Porsche Taycan,
brands Porsche,