Tok! DPRD DKI Resmi Bentuk Pansus Jakarta Pasca-IKN, Ini Tugasnya

  • 06 Juni 2022 18:17:49
  • Views: 10

JAKARTA, iNews.id - DPRD DKI Jakarta resmi membentuk tiga panitia khusus (pansus) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.  Salah satu dari tiga pansus tersebut adalah Jakarta pascapemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin selaku pimpinan rapat paripurna mengatakan pembentukan tiga pansus itu dihadiri lebih dari 51 anggota. Adapun, yang diputuskan selain terkait IKN adalah Raperda tentang Rencana Induk Transportasi dan Pengelolaan Air Minum Pascakontrak kerja Palyja dan Aetra

Alhamdulillah baru saja rapat paripurna pembentukan tiga pansus diresmikan oleh Paripurna, alhamdulillah dihadiri oleh lebih dari 50 plus satu, tiga pansus itu adalah yang pertama, yaitu Panitia Khusus Jakarta Pasca IKN. Dua, Panitia Khusus Raperda tentang Rencana Induk Transportasi. Tiga, Panitia Khusus Pengelolaan Air Minum Pascakontrak Kerja Palyja dan Aetra, ucap Khoirudin kepada awak media usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut, Khoirudin membeberkan alasan dibentuknya pansus IKN. Menurut dia, Jakarta harus dipersiapkan dengan matang usai status ibukota dipindahkan ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Tentu ada hal-hal yang perlu disampaikan ke masyarakat dalam kasus ini, banyak permasalahan ada di dalamnya, misalnya tentang IKN, bagaimana kekhususan Jakarta ke depan setelah IKN ditetapkan. Kita masih belum tahu seperti apa Jakarta ke depan, perlu sekali kita mendalami kesiapan Jakarta, wajah Jakarta setelah Ibu kota pindah ke Kaltim, ujar dia.

Tak hanya itu, Pansus yang disahkan lainnya juga bertugas menangani permasalahan air dan transportasi di Jakarta. Dengan begitu, diharapkan akan ada patokan.

Juga soal PAM setelah Aetra dan Palyja selesai, bagaimana dengan pengelolaan air minum untuk masyarakat Jakarta, ini kan perlu kita dalami. Juga soal transportasi, kita ingin ada Raperda, induk transportasi di Jakarta, agar kemudian bisa jadikan patokan oleh pengelola transportasi yang ada, katanya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:




https://www.inews.id/news/megapolitan/tok-dprd-dki-resmi-bentuk-pansus-jakarta-pasca-ikn-ini-tugasnya

Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/tok-dprd-dki-resmi-bentuk-pansus-jakarta-pasca-ikn-ini-tugasnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook, WhatsApp,
ministries DPRD,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,
cities Kebon Sirih,