Simak, Ini Perbedaan Ajang Formula E dan Formula 1

  • 06 Juni 2022 18:07:37
  • Views: 10

IDXChannel - Gelar balap mobil listrik, Formula E sempat mencuri perhatian masyarakat, balap mobil tersebut diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, pada sabtu pekan lalu.

Namun, tahukah anda sebagian masyarakat masih mengira ajang balap tersebut sama dengan Formula 1. Ternyata pandangan tersebut salah, karena dua kejuaraan ini masing-masing memiliki perbedaan.

Lantas, apa sajakah perbedaan Formula E dan Formula 1?

Informasi ini disampaikan dari program 1st Session Closing IDX Channel, Senin (06/06/2022), antara lain:

1. Format Kompetisi

Mobil Formula E dirancang agar lebih berkelanjutan, format balapannya pun dirancang secara berbeda. 

Misalnya, dalam balapan Formula 1, latihan, kualifikasi dan balapan berlangsung selama tiga hari. Namun untuk mobil Formula E hanya dalam satu hari.

Selain itu, pemenang ajang balapan Formula E biasanya sulit diprediksi karena ketatnya persaingan antar sesama pembalap.

2. Spesifikasi Mobil

Mengingat kapasitas mesin yang dipakai dalam Formula E dan Formula 1 berbeda, maka desain mesin dan bentuk mobil juga memiliki perbedaan. Hal ini dilakukan agar mobil listrik melaju dengan kecepatan maksimal di area circiut.

Bahkan Untuk mencapai akselerasi terbaik, stand mobil Formula E memiliki desain yang lebih ramping serta bobot yang lebih ringan jika dibanding dengan mobil Formula 1.

Tidak hanya itu mobil Formula E dinilai tidak menimbulkan suara bising dibandingkan mobil Formula 1 yang terkenal dengan suara mesin yang berisik.

3. Aturan Pit Stop

Pada balapan Formula 1, pembalap diharuskan melakukan pit stop selama balapan untuk penggantian ban dan beberapa indikator lain.

Namun, tidak demikian dengan balapan Formula E, di mana para pembalap dapat memilih untuk melakukan pit stop hanya ketika ban mereka rusak dan perlu untuk diganti.
 
Hal ini disebabkan oleh jenis ban yang digunakan dalam mobil Formula E yang dirancang khusus untuk segala cuaca dan kondisi jalan.

4. Beda Sirkuit

Seperti diketahui, mobil F1 dirancang untuk kinerja yang lebih baik. Oleh sebabnya itu  mereka dilombakan di sirkuit yang lebih panjang, lebih lebar, lebih berliku, lebih cepat, dan lebih kompleks. 

Hal yang sama tidak berlaku untuk mobil Formula E karena dibuat untuk balapan di sirkuit jalanan yang lebih sempit dan lurus dengan belokan cukup tajam.

Selain itu, Formula E biasanya menggunakan sirkuit jalan raya, agar lebih dekat dengan penggemar dan menarik penonton untuk menyaksikan balapan. 

Sementara Formula 1 justru menggunakan sirkuit yang didesain khusus untuk balapan dengan track khusus dan lebar serta jauh dari area perkotaan.

Nah, sudah tahu kan bedanya ajang dua balapan tersebut. (TYO)


https://www.idxchannel.com/ecotainment/simak-ini-perbedaan-ajang-formula-e-dan-formula-1

Sumber: https://www.idxchannel.com/ecotainment/simak-ini-perbedaan-ajang-formula-e-dan-formula-1
Tokoh

Graph

Extracted

companies MNC,
topics Listrik,
events Formula 1,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,
transportations mobil listrik,