Kasus Korupsi Garuda Diusut Melalui Saksi dari Citilink

  • 06 Juni 2022 18:09:19
  • Views: 17

Jakarta: Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut kasus dugaan korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT Garuda Indonesia (Persero) 2011-2021. Pengusutan dilakukan lewat pemeriksaan saksi dari PT Citilink Indonesia. 
 
Saksi yang diperiksa, yaitu WW selaku mantan VP Strategy and Network Planning PT Citilink Indonesia/Ketua Tim Pengadaan Pesawat Propeller PT Citilink Indonesia September-Desember 2012, kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Juni 2022. 
 
Ketut mengatakan WW diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan pesawat udara pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk 2011-2021. Kejagung juga memeriksa seorang pengacara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AR selaku Lawyer pada Hanafiah Ponggawa & Partner Law Firm, ujar Ketut. 
 
Baca: WN Prancis Alpa Panggilan Terkait Korupsi Garuda, Kejagung: Ya Sudah
 
Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian. Kemudian, melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan korupsi dalam pengadaan pesawat udara pada PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. Tahun 2011-2021.
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyeret tiga orang ke pengadilan dalam kasus ini. Mereka adalah mantan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar, Beneficial Owner Connaught International PTE Ltd Soetikno Soedarjo, dan mantan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada Garuda Hadinoto Soedigno yang meninggal pada Desember 2021.
 
Ketiganya terbukti bersalah di pengadilan melakukan pemberian dan penerimaan suap serta tindak pidana pencucian uang. Penyidikan yang dilakukan KPK terkait pengadaan mesin pesawat dan perawatan Rolls-Royce RR Trent 700 series, pesawat Airbus, Bombardier CRJ1000, dan ATR 72-600.
 
Sementara itu, tiga tersangka dari Kejagung adalah Vice President Strategic Management Office Garuda periode 2011-2012 Setijo Awibowo, Executive Project Manager Aircraft Delivery Garuda periode 2009-2014 Captain Agus Wahjudo, dan Vice President Treasury Management Garuda periode 2005-2012 Albert Burhan. Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung menyidik dugaan korupsi terkait pengadaan pesawat Bombardier CRJ1000 dan ATR 72-600.
 

(ADN)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/VNxoEX1K-kasus-korupsi-garuda-diusut-melalui-saksi-dari-citilink

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/VNxoEX1K-kasus-korupsi-garuda-diusut-melalui-saksi-dari-citilink
Tokoh











Graph