Jokowi Minta Perluasan Akses Ekspor ke Australia

  • 06 Juni 2022 16:50:05
  • Views: 19

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada pihak Australia untuk bisa memperlias akses kerjasama ekonomi, dengan adanya nilai tambah yang tinggi.

Hal itu disampaikannya saat menerima kedatangan Perdana Menteri Australia yang baru terpilih, Anthony Albanese di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Kita lebih fokus kepada kerjasama ekonomi, beberapa hal disampaikan pentingnya perluasan akses produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia misalnya otomotif, kata Jokowi saat jumpa pers, Senin (6/6/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bercerita, Indonesia baru saja melakukan ekspor perdana terhadap mobil CBU (completely build-up) unit Toyoya Fortuner ke Australia. Hal itu dilakukan pada Februari kemarin, dimana seluruh perakitannya berada di Indonesia.

Saya mengharap ekspor seperti ini akan terus terbuka, jelas Jokowi.

Sebagai informasi, ekspor mobil ke Australia ini diproduksi di pabrikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang, Jawa Barat.

Jokowi menyatakan Toyota Motor Manufacturing Indonesia berhasil membuktikan pandemi COVID-19 tidak hanya menjadi tantangan melainkan juga menjadi peluang usaha.

Pandemi juga membuka untuk kita bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil pasar pasar baru, yang peluang itu hari ini telah terbukti di ambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia, kata dia.

Saat ini, kata Jokowi, Indonesia telah mengekspor mobil ke hampir 80 negara di 4 benua, yaitu Amerika, Afrika, Asia, dan Australia.

 

Usai meresmikan Bandara Ngloram, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana mampir ke beberapa gerai UMKM. Jaket batik khas Blora bermotif Garuda ini berhasil memikat hati Presiden, langsung dicoba dan dibeli.


https://www.liputan6.com/news/read/4979730/jokowi-minta-perluasan-akses-ekspor-ke-australia

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4979730/jokowi-minta-perluasan-akses-ekspor-ke-australia
Tokoh





Graph