Pengelola Siapkan Aturan Buntut Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu

  • 06 Juni 2022 15:54:45
  • Views: 13

Jakarta -

Pengelola sedang menyiapkan aturan teknis perihal kebijakan kuota tiket khusus naik Candi Borobudur. Aturan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan.

Atas keputusan rapat koordinasi, PT TWC sedang mempersiapkan Standard Operational Procedure (SOP) teknis pelaksanaannya dan akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB). SOP ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan. Keputusan tersebut akan dilaksanakan setelah SOP teknis sudah siap, kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono, dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari detikJateng, Senin (6/6/2022).

PT TWC saat ini masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyiapkan aturan di lapangan. Kunjungan wisatawan naik ke candi bakal dibatasi 1.200 orang tiap harinya.

Sebagaimana disampaikan oleh Pak Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi, pengaturan kuota kunjungan 1.200 wisatawan per hari adalah kuota khusus untuk wisatawan yang naik bangunan Candi Borobudur, kata Edy.

Nantinya akan diberlakukan tiket khusus bagi wisatawan yang naik candi. Untuk tiket khusus ini bagi wisatawan domestik sebesar Rp 750 ribu per orang. Kemudian untuk turis mancanegara sebesar USD 100, sedangkan khusus tiket pelajar (grup study tour/bukan individu) sebesar Rp 5 ribu.

TWC juga tetap mengakomodir wisatawan reguler yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur dengan harga tiket reguler. Untuk tiket reguler wisatawan domestik sebesar Rp 50 ribu dan pelajar Rp 25 ribu. Lalu untuk tiket turis mancanegara USD 25 dan anak-anak/pelajar USD 15.

Simak berita selengkapnya di sini.

(knv/dhn)

https://news.detik.com/berita/d-6112898/pengelola-siapkan-aturan-buntut-tiket-naik-candi-borobudur-rp-750-ribu

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6112898/pengelola-siapkan-aturan-buntut-tiket-naik-candi-borobudur-rp-750-ribu
Tokoh





Graph