Mengenal PT Taman Wisata Candi, Perusahaan BUMN Pengelola Borobudur

  • 06 Juni 2022 15:48:30
  • Views: 15

Suara.com - Pengelolaan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata sekaligus tempat bersejarah di Indonesia tidak lepas dari tanggung jawab PT Taman Wisata Candi (PT TWC) selaku pemegang kuasa atas pengelolaan pemeliharaan kawasan candi Buddha terbesar di dunia ini.

PT Taman Wisata Candi sendiri awal mulanya dibentuk pada tahun 1980 untuk menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam pengusahaan serta pemeliharaan cagar budaya antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Ratu Boko. 

PT TWC yang mengedepankan 4 pilar bisnis yaitu heritage park, cultural park, amenities dan attraction ini berfokus pada inovasi bisnis untuk memajukan situs situs bersejarah dan mengembangkan tempat bersejarah baru untuk dijadikan destinasi wisata serta pusat pembelajaran sejarah.

Bukan hanya sebagai BUMN yang mengelola situs bersejarah saja, PT TWC juga pernah ditunjuk sebagai pengelola taman pendidikan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Juli 2021 lalu oleh Kementerian Sekretariat Negara.

Baca Juga: Pihak Pengelola Candi Borobudur Akan Tetapkan Kuota Pengujung yang Naik ke Bangunan Candi Hanya 1.200 Orang per Hari

Revitalisasi yang dilakukan pada TMII ini juga dilakukan demi mempertahankan salah satu taman pendidikan di Indonesia dan mendukung kegiatan KTT G20 yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada November 2022 mendatang.

Melalui Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, ia mengungkapkan bahwa akan melakukan pengembangan kembali demi mengembalikan marwah TMII yang sarat akan sejarah serta ilmu pengetahuan di dalamnya.

Pengelolaan situs melalui PT TWC juga bertujuan agar tidak ada destinasi pariwisata yang terbengkalai akibat tidak adanya pengelolaan secara khusus.

PT TWC juga bukan hanya berfokus pada destinasi wisata itu sendiri, namun mengembangkan kegiatan ekonomi di dalamnya, seperti pemusatan penjualan souvenir, memberikan fasilitas wisata kuliner bagi pengunjung, penyediaan fasilitas seperti sepeda dan kuda di sekitaran Candi Prambanan, hingga pembuatan penangkaran khusus hewan-hewan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan di sekitaran Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Ratu Boko.

Pengembangan sustainable tourism juga menjadi fokus utama demi mengkampanyekan nilai nilai leluhur agar budaya di Indonesia tetap lestari.

Baca Juga: Luhut Menteri Apa? Ini Profil Luhut Binsar Pandjaitan, Dijuluki Menteri Segala Urusan

Optimalisasi peningkatan angka destinasi pariwisata di Indonesia menjadi salah satu fokus pemerintah demi mengembalikan situasi serta kondisi perekonomian Indonesia yang sempat anjlok akibat pandemi yang melanda seluruh dunia.


https://www.suara.com/news/2022/06/06/152155/mengenal-pt-taman-wisata-candi-perusahaan-bumn-pengelola-borobudur

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/06/152155/mengenal-pt-taman-wisata-candi-perusahaan-bumn-pengelola-borobudur
Tokoh





Graph