Tiket Masuk ke Candi Borobudur Cuma Rp50 Ribu, Pengelola: Cuma Sampai Halaman, Tak Boleh Naik Candi

  • 06 Juni 2022 15:07:07
  • Views: 11

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini masyarakat meributkan permasalahan perihal tiket Candi Borobudur yang terbilang sangat tinggi.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berencana menaikkan harga tiket khusus untuk ke Candi Borobudur.

Detail kebijakan harga khusus ini adalah, untuk wisatawan dalam negeri dibanderol sebesar Rp750.000, wisatawan mancanegara 100 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp1.400.000), dan untuk pelajar (grup study Tour sekolah/bukan individual) adalah Rp5.000.

Baca juga: Sederet Alasan Mengapa Perlu Ada Pembatasan Jumlah Pengunjung yang Naik ke Candi Borobudur

PT Taman Wisata Candi yang merupakan BUMN pengelola kawasan wisata tersebut mengungkapkan, bahwa pihaknya tetap melayani wisatawan regular yang hanya membayar tiket masuk sebesar Rp50.000 per orang.

Namun dengan harga tersebut, wisatawan regular ini hanya dapat menikmati kawasan wisata Candi Borobudur sampai batas halaman Candi, alias pelataran.

“Kami tetap mengakomodir wisatawan regular yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur, dengan harga tiket masuk reguler, yaitu untuk tiket Wisatawan Nusantara Dewasa/Umum Rp50.000, tiket Wisatawan Nusantara Anak/Pelajar Rp25.000, tiket Wisatawan Mancanegara Dewasa/Umum 25 dolar AS, ucap Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, Senin (6/6/2022).

“Tiket ini memperbolehkan wisatawan untuk berwisata di Taman Wisata Candi Borobudur sampai batas pelataran atau halaman Candi Borobudur, tetapi tidak diperkenankan untuk naik ke bangunan Candi Borobudur, sambungnya.

Edy Setijono juga membeberkan alasan utama wacana harga tiket wisata di Candi Borobudur yang meningkat secara drastis ini.

Dirinya juga mengatakan, terdapat 2 alasan utama yang menjadi pertimbangan harga tiket masuk sebesar Rp750.000.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/06/tiket-masuk-ke-candi-borobudur-cuma-rp50-ribu-pengelola-cuma-sampai-halaman-tak-boleh-naik-candi

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/06/tiket-masuk-ke-candi-borobudur-cuma-rp50-ribu-pengelola-cuma-sampai-halaman-tak-boleh-naik-candi
Tokoh





Graph

Extracted

persons Edy Setijono, Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA, PT Taman Wisata Candi,
fasums Borobudur,
products dolar AS,
nations Amerika Serikat,
places DKI Jakarta,