Luhut Menteri Apa Trending, Tengok Nih Sederet Tugas dan Jabatannya di Pemerintahan Jokowi

  • 06 Juni 2022 14:58:38
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Nama Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut tengah menjadi perbincangan baru-baru ini, setelah mengumumkan tarif terbaru akses naik ke situs Candi Borobudur pada Sabtu (4/6/2022). Bahkan trending pertanyaan Luhut Menteri Apa.

Pernyataan Menko Luhut perihal rencana tarif akses naik ke situs Candi Borobudur bagi  turis lokal ditetapkan sebesar Rp 750 ribu, sementara bagi turis mancanegara, seharga USD 100 menuai pro dan kontra. 

Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang, jelas Menko, dikutip dari akun instagram @luhut.pandjaitan, Senin (6/6/2022).

Beberapa waktu lalu, Luhut juga ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membereskan persoalan minyak goreng, ketika harga komoditas tersebut masih belum sesuai harapan pemerintah di harag Rp 14.000 per liter.

Selain tarif tiket Candi Borobudur dan isu minyak goreng, Luhut yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memang banyak dipercaya memegang banyak tugas selama masa pemerintahan Jokowi. 

Berikut sederet jabatan yang diberikan pada Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan sepanjang pemerintahan Presiden Jokowi, yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA)

Sepanjang pemerintahan Jokowi, selain menjabat sebagai Menko Marves, Luhut juga ditunjuk menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

Penunjukan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 tahun 2022 tentang Dewan SDA Nasional.

Dewan SDA Nasional dibentuk untuk melaksanakan koordinasi pengelolaan Sumber Daya Air pada tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota, dan tingkat wilayah sungai.

Dewan SDA Nasional merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

2. Wakil Ketua KPC-PEN

Di awal pandemi Covid-19, Jokowi menunjuk Luhut menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

(2) Susunan keanggotaan Komite sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas (a) Ketua Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (b) Wakil Ketua I: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut yakni Luhut Binsar Panjaitan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan CEO Tesla Inc., Elon Musk. Luhut datang bersama Ketum Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie, Dubes RI untuk AS Rosan Roeslani dan penasihat Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin. Rombongan Luhut datang...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979652/luhut-menteri-apa-trending-tengok-nih-sederet-tugas-dan-jabatannya-di-pemerintahan-jokowi

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979652/luhut-menteri-apa-trending-tengok-nih-sederet-tugas-dan-jabatannya-di-pemerintahan-jokowi
Tokoh













Graph