Menperin Temui Ratu Maxima Belanda, Bahas Digitalisasi UMKM

  • 06 Juni 2022 14:58:47
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan diskusi dengan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda. Pertemuan ini dalam rangkaian kegiatan Forum Ekonomi Dunia 2022, 

Sejumlah hal yang didiskusikan antara lain adalah upaya Pemerintah Indonesia dalam keuangan inklusif dan dukungan terhadap kemajuan UMKM.

Ratu Maxima memberikan perhatian agar pemerintah Indonesia dapat menjaga dampak inflasi dan pengaruhnya terhadap UMKM, khususnya untuk industri pangan, ujar Menperin di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Pemerintah Indonesia menyampaikan upaya pengembangan UMKM yang dijalankan melalui inklusi keuangan dan digitalisasi, yang merupakan faktor penting untuk mendorong produktivitas UMKM.

Dengan pertumbuhan UMKM di Indonesia yang mencapai porsi usaha hingga 99 persen dari total usaha, UMKM dinilai masih belum memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang merupakan bagian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kementerian Perindustrian turut berupaya agar para pelaku IKM dapat meningkatkan penjualannya melalui pemasaran digital atau online.

Sejumlah strategi dilakukan di antaranya melalui link & match atau kemitraan dengan industri skala besar dan BUMN, membangun ekosistem digital dengan masuk ke dalam platform marketplace, dan melalui pengadaan barang pemerintah dan BUMN.

“Kemenperin telah menyelenggarakan berbagai program pembinaan dan pendampingan kepada pelaku IKM agar mereka bisa menjadi bagian dari rantai pasok industri di dalam negeri maupun global, jelas Menperin.

 

Usai meresmikan Bandara Ngloram, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana mampir ke beberapa gerai UMKM. Jaket batik khas Blora bermotif Garuda ini berhasil memikat hati Presiden, langsung dicoba dan dibeli.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979635/menperin-temui-ratu-maxima-belanda-bahas-digitalisasi-umkm

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979635/menperin-temui-ratu-maxima-belanda-bahas-digitalisasi-umkm
Tokoh









Graph