Sudah 5 Hari, SMAN 4 Tangsel Masih Terendam Banjir

  • 06 Juni 2022 14:55:31
  • Views: 5

Tangerang Selatan -

SMA Negeri 4 Tangerang Selatan (Tangsel) terendam banjir. Banjir telah merendam area sekolah ini selama 5 hari.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMAN 4 Tangsel Ibni Afan menyebut ketinggian air sekitar 30 cm. Dia mengatakan banjir tidak masuk ke ruangan kelas.

Masih. Per hari ini masih banjir dari Kamis sore lah sampai dengan hari ini, sudah 5 hari ya belum surut. Kedalamannya sekitar 30 centimeter ya, yang terdalamnya. Iya sampai hari Kamis kemarin tidak sampai lah. Tidak sampai masuk kelas, katanya saat dimintai konfirmasi, Senin (6/6/2022).

Dia mengatakan bagian yang terdampak banjir ialah halaman sekolah, lapangan upacara dan akses masuk ke kelas yang ada di belakang. Meski begitu, kata Afan, kegiatan belajar tatap muka tetap berlangsung.

Ya area pusatnya (banjir) di lapangan itu untuk anak-anak upacara. Kegiatan pembelajaran masih tetap berjalan seperti biasa. Kita sih koridornya tidak terendam jadi anak-anak masuk kelas masih bisa lewat koridor sekolah. Lewat selasar depan sekolah masih bisa dilalui. Hanya akses masuknya yang lapangan itu tidak bisa di lewati, ujarnya.

Dia mengatakan banjir di SMAN 4 Tangsel dipicu posisi sekolah yang lebih rendah. Menurutnya, ada endapan di aliran air hingga menyebabkan banjir.

Ada sedimentasi di situ jadi resapannya kurang meresap mungkin juga dari aliran. Kita sendiri enggak lihat secara kasat mata ya tidak lihat secara langsungnya tapi prediksi saya begitu, ucapnya.

Afan menyebut SMAN 4 Tangsel tidak pernah mengalami banjir hingga berhari-hari sebelumnya. Menurutnya, SMAN 4 Tangsel mulai menjadi langganan banjir sekitar akhir 2020 atau awal 2021.

Dulu-dulu sih nggak ya. Mulai banjir sekitar 2020-an akhir atau awal 2021 lah itu banjir tapi tidak seintens sekarang dulu tuh hujan, hilang. Ada sih genangan, hilang, genangan, hilang. Nah sekarang ini ya tadi itu. Mungkin sedimentasi di belakang itu tepat buangan air kita itu ke Situ Rawa Badak itu. Nah mungkin sedimentasi jadi resapannya kurang cepat, tuturnya.

Dia mengatakan drainase di SMAN 4 Tangsel itu sudah ada. Namun, air yang dibuang ke Situ Rawa Badak di belakang SMAN 4 Tangsel bukan dari sekolah saja.

Tapi nanti juga beberapa hari akan kering. Prosesnya sekarang ini keringnya agak lama. Surutnya agak lama. Kalau sekarang malah tambah jadi hujan sebentar aja malah cepat banjir karena air itu kan cari permukaan rendah ya. Nah di sekitar situ kan yang rendah SMAN 4 Tangsel, jelasnya.

(haf/haf)

https://news.detik.com/berita/d-6112712/sudah-5-hari-sman-4-tangsel-masih-terendam-banjir

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6112712/sudah-5-hari-sman-4-tangsel-masih-terendam-banjir
Tokoh



Graph

Extracted

persons Khairul,
companies ADA,
topics Banjir,
places BANTEN,
cities Tangerang,