Gempa NTB Berlokasi di Darat akibat Subduksi

  • 06 Juni 2022 13:18:40
  • Views: 7

MerahPutih.com - Gempa dengan magnitudo (M) 5 mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Senin sekitar pukul 10.44 WIB.

Episentrum gempa berada di 16 km kilometer barat daya Dompu, NTB, lokasi berada di 8.66 derajat Lintang Selatan dan 118.39 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 104 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, dari hasil analisis, gempa dengan parameter pembaruan berkekuatan magnitudo (M) 5,0 di Dompu berlokasi di darat akibat subduksi.

Baca Juga:

Gempa Dahsyat Guncang Yogyakarta di 2006

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi, ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Senin (6/6), dikutip Antara.

Bambang menyebutkan, dari hasil analisis mekanisme sumber, menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan turun (normal-fault).

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Dompu dan Bima dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 11.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock), kata Bambang.

Baca Juga:

Waspada Gempa NTT Berpotensi Picu Tsunami, Tinggi Gelombang Lebih dari 3 Meter

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah, kata Bambang.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (*)

Baca Juga:

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banda Aceh


https://merahputih.com/post/read/gempa-ntb-berlokasi-di-darat-akibat-subduksi

Sumber: https://merahputih.com/post/read/gempa-ntb-berlokasi-di-darat-akibat-subduksi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bambang Setiyo Prayitno,
companies ADA,
ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places Aceh, DI YOGYAKARTA, NUSA TENGGARA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Banda Aceh, Yogyakarta,