Apple Blokir 1,6 Juta Aplikasi yang Tipu Pengguna Sepanjang 2021

  • 06 Juni 2022 13:10:43
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Apple mengumumkan telah memblokir lebih dari 343.000 aplikasi iOS terkait pelanggaran privasi pada 2021.

Sementara itu, 157.000 aplikasi lainnya ditolak masuk ke App Store karena diduga berusaha menyesatkan atau mengirim spam ke pengguna iPhone.

Perusahaan bermarkas di Cupertino itu juga mengatakan, mereka juga telah memblokir lebih dari 34.500 aplikasi agar dapat dicari oleh pengguna di App Store.

Adapun cara ini digunakan tim Review Aplikasi App Store agar aplikasi yang dicurigai menggunakan fitur yang secara sengaja disembunyikan oleh pengembang.

Apple juga menghapus 155.000 lebih aplikasi dimana pengembang menyematkan fitur atau kemampuan tambahan ketika aplikasi telah disetujui dan masuk ke dalam App Store.

Sepanjang 2021, tim peninjau aplikasi App Store telah menghentikan lebih dari 1,6 juta aplikasi dan update berbahaya agar tidak masuk di toko aplikasi dan berpotensi menipu pengguna.

<pApple dikabarkan telah memblokir 1,6 juta aplikasi yang berpotensi menipu pengguna iOS sepanjang 2021. (Doc: Apple)

>

Tahun lalu, perusahaan juga mengatakan, hampir 1 juta aplikasi baru bermasalah dan 1 juta pembaruan aplikasi yang ditolak dan dihapus oleh tim review Apple.

Apple berdedikasi untuk menjaga App Store sebagai tempat yang aman dan tepercaya bagi pengguna untuk menemukan dan men-download aplikasi, tulis perusahaan dalam laporannya, Senin (6/6/2022).

Taktik Apple untuk melindungi pengguna dari berbagai aksi penipuan ini disambut baik oleh banyak pihak, karena maraknya peredaran aplikasi scam bernama fleeceware di App Store iOS.

Berdasarkan laporan peneliti di Avast tahun lalu, fleeceware menjadi masalah besar di App Store dan memiliki kemampuan memikat pengguna dengan iming-iming uji coba gratis.

Nyatanya, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan hingga ribuan dolar per tahun setelah masa uji coba berakhir.

Seperti yang dilaporkan Avast, 200 aplikasi fleeceware diperkirakaan telah meraup total pendapatan lebih dari USD400 juta di toko aplikasi Apple dan Google.

Laporan ini juga dikonfirmasi oleh para peneliti keamanan di Sophos. Mereka juga melihat lusinan aplikasi fleeceware telah diunduh pengguna iOS hingga 3,6 juta kali dan terdaftar sebagai aplikasi terlaris di Apple App Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru bersamaan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4979310/apple-blokir-16-juta-aplikasi-yang-tipu-pengguna-sepanjang-2021

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4979310/apple-blokir-16-juta-aplikasi-yang-tipu-pengguna-sepanjang-2021
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
products iPhone,
places DKI Jakarta,
cities New York,
brands Apple,