Luhut Minta INKA Genjot Produksi Bus Listrik

  • 06 Juni 2022 13:07:52
  • Views: 12

IDXChannel - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT INKA (Persero) menggenjot produksi bus listrik atau E-Inobus

Luhut mencatat untuk menunjukkan keseriusan pemerintah terhadap penggunaan kendaraan listrik, maka INKA perlu menambahkan jumlah E-Inobus.

Saya sampaikan apresiasi terhadap kerja keras tim membuat semua ini. Kalau boleh INKA, Pak Dirut INKA bus-nya jangan satulah, tambah 4 atau 5 di sini. Jadi karena kita mau serius untuk pakai electric vehicle, mobil listrik, dan bus listrik, ungkap Luhut, dikutip Senin (6/6/2022).

Bus listrik produksi INKA kembali dipamerkan di area Candi Borobudur pada Sabtu (4/6/2022) kemarin. Kali ini dalam rangka kegiatan showcase atau pameran Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dan Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Senior Manager TJSL dan Stakeholder Relationship INKA, Bambang Ramadhiarto mencatat kegiatan ini merupakan langkah pemerintah dalam mensukseskan Program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya di Candi Borobudur dengan memanfaatkan kendaraan energi terbarukan yakni kendaraan listrik.

Pada bulan Februari 2022 lalu, INKA bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), Perum Damri, PT TWC dan Badan Otorita Borobudur menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor). Pada rakor itulah diputuskan titik yang akan menjadi percontohan pembangunan SPKLU dan operasional E-Inobus INKA di area DPSP Borobudur, ungkap Bambang.

Menurut Bambang, dengan uji-operasi E-Inobus di area Candi Borobudur, pihaknya menunjukkan komitmen mendukung pemerintah melakukan peralihan kendaraan dari moda transportasi berbahan bakar fosil ke kendaraan bertenaga listrik atau baterai. 

Dukungan juga berupa mensukseskan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia. Rencananya, E-Inobus bersama kendaraan listrik yang lain akan dioperasikan di area tersebut. (RAMA)


https://www.idxchannel.com/economics/luhut-minta-inka-genjot-produksi-bus-listrik

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/luhut-minta-inka-genjot-produksi-bus-listrik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies MNC,
bumns Perum Damri,
topics Listrik,
fasums Borobudur,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
transportations mobil listrik,