Lockdown Covid-19 Bikin Sektor Jasa di China Terkontraksi 3 Bulan Berturut-turut

  • 06 Juni 2022 12:59:18
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas di sektor jasa dan layanan di China berkontraksi dalam tiga bulan berturut-turut hingga Mei 2022, karena terdampak lockdown Covid-19 yang berkepanjangan di Shanghai dan sejumlah kota lainnya.

Meski sudah ada pelonggaran lockdown Covid-19, sektor jasa dan layanan di China masih menunjukkan pemulihan yang lambat, menurut sebuah survei bisnis swasta, Caixin. 

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (6/6/2022) indeks manajer pembelian (PMI) Caixin naik menjadi 41,4 pada bulan Mei dari 36,2 pada Apri 2022, menunjukkan kenaikan yang sedikit karena pihak berwenang China mulai mengurangi beberapa pembatasan terkait Covid-19yang telah melumpuhkan Shanghai dan mengguncang rantai pasokan global.

Namun, angka tersebut tetap jauh di bawah 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Analis Caixin mengatakan bahwa kelemahan di sektor jasa, yang menyumbang sekitar 60 persen dari ekonomi China dan setengah dari pekerjaan di wilayah perkotaan, kemungkinan akan bertahan di bawah kebijakan nol-Covid-19 negara itu, dengan sektor-sektor seperti hotel dan restoran menanggung beban terberat.

Sebuah survei resmi juga menunjukkan sektor jasa di China masih terperosok dalam kontraksi.

Survei Caixin juga menunjukkan bisnis baru di China, termasuk pesanan ekspor, turun selama empat bulan berturut-turut karena pembatasan mobilitas membuat pelanggan tetap berada di rumah dan mengganggu operasi.

Hal itu menyebabkan perusahaan jasa mengurangi gaji mereka pada tingkat yang lebih tajam, dengan sub-indeks untuk pekerjaan berdiri di 48,5, terendah sejak Februari tahun lalu dan turun dari 49,3 bulan sebelumnya.

Ukuran ketenagakerjaan tetap berada di wilayah kontraksi sejak awal tahun ini. Dampak epidemi telah menghantam pasar tenaga kerja. Perusahaan tidak banyak termotivasi untuk meningkatkan perekrutan. Akibatnya, bisnis yang luar biasa (menunggak) di sektor jasa tumbuh lebih jauh, kata Wang Zhe, Ekonom Senior di Caixin Insight Group.

Pemerintah melonggarkan sejumlah aturan terkait COVID-19. Disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 17 Mei 2022 sore, ada dua aturan yang dilonggarkan, salah satunya mengenai penggunaan masker. Dalam konferensi pers yang...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979387/lockdown-covid-19-bikin-sektor-jasa-di-china-terkontraksi-3-bulan-berturut-turut

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4979387/lockdown-covid-19-bikin-sektor-jasa-di-china-terkontraksi-3-bulan-berturut-turut
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA, Vidio, YouTube,
ngos PMI,
topics ekspor, lockdown,
products masker,
nations Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta,
cities Beijing, Shanghai,
cases covid-19,