Luhut Berencana Naikkan Harga Tiket, Siapa Pengelola Candi Borobudur Sebenarnya?

  • 06 Juni 2022 12:48:33
  • Views: 10

Suara.com - Kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur yang diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan yang mencapai Rp750.000 untuk wisatawan lokal membuat pertanyaan besar di masyarakat soal siapa pengelola Candi Borobudur.

Sebelum kenaikan ini, tiket masuk candi Buddha terbesar di dunia ini hanya dibanderol Rp50.000 per orang setiap masuk.

Pihak pengelola Candi ini pun sempat disinggung oleh banyak masyarakat. Siapa sebenarnya pengelola Candi Borobudur ini?

Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, pengelola Candi Borobudur ini adalah PT Taman Wisata Candi Borobudur atau biasa disingkat sebagai PT TWC dan merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan cagar budaya di Indonesia.

Baca Juga: Luhut Siapkan Harga Khusus untuk Warga Jateng dan DIY yang Berkunjung ke Borobudur

PT TWC sendiri sudah berdiri sejak tahun 1970. Kawasan Candi Borobudur pun termasuk dalam tanggung jawab pengembangan situs bersejarah dari PT TWC ini. Tidak hanya itu, PT TWC ini juga memiliki tujuan dalam pemeliharaan dan pengusahaan lingkungan Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah di masa kejayaan agama Buddha.

Proses konservasi cagar budaya yang sudah dilindungi UNESCO ini diungkap oleh pihak PT TWC sebagai alasan naiknya harga tiket masuk tersebut. Namun, melalui Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), Dony Oskaria, pihaknya mengungkap bahwa kenaikan tiket tersebut hanya berlaku bagi para wisatawan yang ingin berkunjung dan naik ke bagian candi dari level paling bawah hingga level paling atas.

Tak hanya itu, pengunjung yang akan naik hingga puncak Borobudur juga dibatasi perhari hanya 1200 pengunjung. Hal ini disebabkan adanya penurunan tanah yang kemungkinan besar terjadi di dasar fondasi Candi Borobudur sehingga kenaikan harga tiket masuk menjadi solusi agar menghindari penurunan tanah tersebut.

PT TWC juga menerapkan banyak standar internasional di Candi Borobudur ini demi mempertahankan bentuk asli sehingga dapat dikunjungi hingga anak cucu kita. 

Walaupun pengumuman soal kenaikan harga tiket masuk Borobudur ini sudah tersebar di banyak media sosial, pihak PT TWC, Kementerian Pariwisata masih, serta Dirjen Kebudayaan Kemendikbud akan mengkaji ulang hal tersebut. Tujuan utama dari pengkajian ini adalah memberikan kesempatan bagi dunia pariwisata Indonesia yang mulai bangkit akibat pandemi dan menyebarluaskan informasi tentang sejarah kepada masyarakat luas tanpa memberatkan.

Baca Juga: Gara-gara Kenaikan Tiket Masuk, Jurnalis Asing Bandingkan Candi Borobudur dengan Wisata di Negara Ini

Kontributor : Dea Nabila


https://www.suara.com/news/2022/06/06/123211/luhut-berencana-naikkan-harga-tiket-siapa-pengelola-candi-borobudur-sebenarnya

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/06/123211/luhut-berencana-naikkan-harga-tiket-siapa-pengelola-candi-borobudur-sebenarnya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies PT Taman Wisata Candi,
ministries Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,