Dikunjungi PM Australia, Jokowi Tekankan Pentingnya Perkuat Kerjasama

  • 06 Juni 2022 12:49:05
  • Views: 6

Suara.com - Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Istana Kepresidenan Bogor, hari ini, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya kedua negara memperkuat kerjasama bilateral.

Jokowi mengatakan di tengah situasi yang sangat dinamis dan penuh tantangan, menjadi sangat penting artinya bagi Indonesia dan Australia untuk terus memperkuat kerja sama bilateral.

Kerjasama Indonesia dan Australia, katanya, juga untuk memberikan perdamaian serta kesejahteraan secara global.

Selain untuk kepentingan bilateral kerjasama yang kokoh dapat kita kontribusikan bagi perdamaian dan kesejahteraan di kawasan maupun di dunia, kata Jokowi.

Baca Juga: Mampir ke Resto Raya Usai Tanam Pohon Kamper, Jokowi Ajak PM Australia Gowes Sepeda Bikinan Alumni ITB

Sebelum menyampaikan penjelasan pembuka, Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Albanese dan delegasi yang hadir dalam pertemuan.

Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat datang kepada PM Anthony dan rombongan di Indonesia. Tentunya merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini, kunjungan yang pertama, kata Jokowi sebagaimana dikutip melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden.

Hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral yakni Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu Siswo Pramono.

Indonesia penting artinya bagi Australia, demikian juga sebaliknya.

BBC Indonesia sebelumnya menulis bahwa sudah menjadi tradisi tak tertulis bagi pemimpin pemerintahan dan pemimpin oposisi yang baru terpilih di Australia, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan kunjungan resmi pertamanya.

Baca Juga: Momen Unik Jokowi Ajak PM Australia Bersepeda Pakai Spedagi, Sepeda Bambu Buatan Alumni ITB

Dalam kata-kata mantan PM Tony Abbott, Kami mendahulukan Jakarta daripada Jenewa.

Tradisi ini kembali akan dilakukan oleh PM Albanese yang terpilih dalam Pemilu Federal 21 Mei 2022, yang akan berkunjung ke Jakarta bersama Menlu Penny Wong.

Meski PM Albanese dan Menlu Penny Wong telah berkunjung ke Tokyo untuk pertemuan negara-negara QUAD (AS, Jepang, India dan Australia) pekan lalu, namun hal itu lebih disebabkan oleh kewajiban untuk hadir serta jadwal pertemuan yang telah ditentukan sebelum Pemilu Australia.

Menlu Penny bahkan melanjutkan kunjungannya ke negara-negara Pasifik, tak lama setelah kembali dari pertemuan QUAD, sebagai upaya mengimbangi diplomasi Menlu China di kawasan itu pada waktu yang bersamaan.


https://www.suara.com/news/2022/06/06/121920/dikunjungi-pm-australia-jokowi-tekankan-pentingnya-perkuat-kerjasama

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/06/121920/dikunjungi-pm-australia-jokowi-tekankan-pentingnya-perkuat-kerjasama
Tokoh















Graph