KPK Panggil Petinggi Antam di Kasus Anoda Logam

  • 06 Juni 2022 12:25:39
  • Views: 15

Jakarta -

KPK memanggil Senior Vice President Internal Audit PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Hardianto Tumpak Manurung sebagai saksi. Hardianto akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam dan PT Loco Montrado pada 2017.

Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi atas nama Hardianto Tumpak Manurung, Senior Vice President Internal Audit PT Aneka Tambang Tbk, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Ali belum menjelaskan apa saja yang akan ditanyakan ke Hardianto. Kasus dugaan korupsi ini terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara Antam dan PT Loco Montrado pada 2017.

Perkara tersebut sudah masuk tahap penyidikan, namun KPK belum mengungkap detail siapa tersangka dan konstruksi perkaranya.

Saat ini KPK sedang melakukan penyidikan perkara dugaan TPK terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara PT AT Tbk (Aneka Tambang) dengan PT LM (Loco Montrado) tahun 2017, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

KPK belum dapat menjabarkan mengenai konstruksi lengkap perkaranya, pasal yang disangkakan, serta pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, imbuh Ali.

Meski belum diumumkan KPK, Direktur PT Loco Montrado Siman Bahar telah mengajukan gugatan praperadilan terhadap status tersangka dalam kasus ini. Gugatannya pun dikabulkan hakim hingga status tersangkanya gugur.

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan hal itu hanya sebatas pengujian legalitas formal. Dia mengatakan KPK masih terus menjalani proses penyidikan pada kasus ini.

Kemudian masalah praperadilan, apapun keputusan praperadilan itu masih menguji legalitas formal terhadap prosedur, kalaupun ada putusan yang harus memerintahkan kepada kami untuk SP3, kami akan SP3, kata Karyoto dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (26/1).

(azh/haf)

https://news.detik.com/berita/d-6112368/kpk-panggil-petinggi-antam-di-kasus-anoda-logam

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6112368/kpk-panggil-petinggi-antam-di-kasus-anoda-logam
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ali Fikri, Karyoto,
companies ADA,
ministries KPK,
bumns PT Aneka Tambang Tbk, PT Antam Tbk,
topics SP3,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,